Komplit - 90+ Referensi Soal Essay Seni Budaya Kelas 12 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

90+ Contoh Soal Essay  Seni Budaya Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Halo adik adik dimana saja berada, pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menginfokan kabar bangga untuk adik adik kelas 12 SMA/MA, lantaran kakak sudah menyediakan soal Essay Untuk mata pelajaran Seni dan Budaya sebanyak 90 Soal yang siap dijadikan sebagai materi Latihan lantaran kakak sudah menyediakan juga kunci jawabannya. Oiya erdasarkan penelitian para jago menyatakan seni/karya seni sudah ada + semenjak 60.000 tahun yang lampau. Bukti ini terdapat pada dinding-dinding gua di Prancis Selatan. Buktinya berupa lukisan yang berupa torehan-torehan pada dinding dengan menggunakan warna yang menggambarkan kehidupan insan purba. Artefak/bukti ini mengingatkan kita pada lukisan moderen yang penuh ekspresi.
 pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menginfokan kabar bangga untuk adik adik kelas Komplit - 90+ Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
90+ Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



Hal ini sanggup kita lihat dari kebebaan mengubah bentuk. Satu hal yang membedakan antara karya seni insan Purba dengan insan Moderen ialah terletak pada tujuan penciptaannya. Kalau insan purba menciptakan karya seni/penanda kebudayaan pada massanya ialah semat-mata hanya untuk kepentingan Sosioreligi, atau insan purba ialah figure yang masih terkungkung oleh kekuatan-kekuatan di sekitarnya. Sedangkan insan moderen menciptakan karya seni/penanda kebudayaan pada massanya dipakai untuk kepuasan pribadinya dan menggambarkan kondisi lingkungannya "mungkin". Dengan kata lain insan moderen ialah figure yang ingin menemukan hal-hal yang gres dan mempunyai cakrawala berfikir yang lebih luas. Semua bentuk kesenian paa jaman dahulu selalu ditandai dengan kesadaran magis; lantaran memang demikian awal kebudayaan manusia. Dari kehidupan yang sederhana yang memuja alam hingga pada kesadaran terhadap keberadaan alam
Pada awalnya seni diciptakan untuk kepentingan bersama/milik bersama.karya- karya seni yang ditinggalkan pada masa pra-sejarah digua-gua tidak pernah menandakan identitas pembuatnya. Demikian pula peninggalan-peninggalan dari masa kemudian mirip bangunan atau artefak di mesir kuno, Byzantium, Romawi, India, atau bahkan di Indonesia sendiri. Kalupun toh ada klarifikasi tertentu pada artefak tersebut hanya klarifikasi yang menyatakan benda/bangunan tersebut di buat untuk siapa". Ini pun hanya ada pada sesudah jaman, katanya para jago arkiologi sich saya sendiri tidak tahu pasti. Kita bisa menyimpulkan kesenian pada jaman sebelum moderen kesenian tidak beraspek individulistis.


Soal Essay Seni Budaya Kelas 12 SMA/MA


90+ Contoh Soal Essay  Seni Budaya Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Rajasoal.com dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay Seni Budaya Kelas 12 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini ialah rincian Soal Essay Seni Budaya Kelas 12 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memperlihatkan Soal Essay Seni Budaya Kelas 12 SMA/MA

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan abjad a,b atau c didepan balasan yang benar !


1. Pelukis populer Indonesia yang berguru melukis pada A. A. J. Payen adalah....
Jawaban: Raden Saleh

2.  Seni rupa dalam bahasa Inggris adalah....
Jawaban:  fine art.

3. Pelukis populer dari Yogyakarta adalah....
Jawaban: Affandi

4. Persatuan Ahli-ahli Gambar Indonesia disebut...
Jawaban: Persagi

5. Contoh lukisan grafiti direruntuhan kota Pompeli bertujuan untuk....
Jawaban: propaganda

6. Lukisan ibarat bentuk-bentuk yang sering ditemui di dalam mimpi ialah aliran....
Jawaban: Surealisme

7. Aliran dalam seni lukis yang berumur cukup pendek menjelang dimulainya era seni rupa modern adalah....
Jawaban: fauvisme

8. Salah satu cabang seni yang terpengaruh dampak modernisme dinamakan seni....
Jawaban: kontemporer

9. Pematung Eropa populer dari awal ke20 pada aliran modernisme ialah....
Jawaban: Auguste Rodin

10. Karya seni rupa yang masih dipengaruhi bentuk-bentuk zaman klasik banyak terdapat di.....
Jawaban: Italia

11. Sebutkan dan jelaskan pengkategorian seni rupa!
Jawaban: Pengkategorian seni rupa ialah seni rupa murni, kriya, dan desain, seni rupa murni mengacu kepada karya-karya yang hanya untuk tujuan pemuasan ekspresi pribadi, sementara kriya dan desain lebih menitikberatkan fungsi dan akomodasi produksi.

12. Apa yang dimaksud dengan aliran surealisme dalam sebuah lukisan?
Jawaban: Aliran surealisme ialah aliran yang kebanyakan ibarat bentuk-bentuk yang sering ditemui di dalam mimpi. Pelukis berusaha untuk mengabaikan bentuk secara keseluruhan kemudian mengolah setiap penggalan tertentu dari objek untuk menghasilkan sensasi tertentu yang sanggup dirasakan insan tanpa harus mengerti bentuk aslinya.

13. Apa yang dimaksud dengan seni kontemporer?
Jawaban: Seni kontemporer ialah salah satu cabang seni yang terpengaruh dampak modernisasi. Kontemporer itu artinya kekinian, modern atau lebih tepatnya ialah sesuatu yang sama dengan kondisi waktu yang sama atau ketika ini. Kaprikornus seni kontemporer ialah seni yang tidak terikat oleh aturan-aturan zaman dulu dan berkembang sesuai zaman sekarang.

14. Jelaskan perkembangan awal dari seni rupa modern!
Jawaban: perkembangan awal dari seni rupa modern, yaitu pada periode ini seni rupa modern di Indonesia dipelopori oleh Raden Saleh. Beliau ialah pelukis besar yang berguru melukis pertama kali pada seorang pelukis berkebangsaan Belanda yang berjulukan A.A. J Payen yang bekerja pada sentra penelitian pengetahuan dan kesenian pemerintahan Belanda di Bogor. Lukisan karya R. Saleh beraliran romantisme dan bergaya naturalisme. Keberadaan Raden Saleh pun bisa disejajarkan dengan pelukis-pelukis Belanda. Hasil karya Raden Saleh, diantaranya ialah Antara Hidup dan Mati (1848), Penangkapan Pangeran Diponegoro (1857) dan lain-lain.

15. Sebutkan kekhasan dari patung-patung di Eropa!
Jawaban: Patung-patung klasik Eropa mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
a. Figur tubuh penuh: berupa pria muda atletis atau perempuan yang tidak berpakaian
b. Portrait: memperlihatkan gejala usia atau karakter yang kuat
c. menggunakan kostum serta atribut dewa-dewi klasik.
d. Peduli dengan naturalisme didasari dengan observasi, seringkali menggunakan model sungguhan.

16. Penataan ruangan penggalan luar disebut...
Jawaban: eksterior

17. Alat yang dipakai untuk menciptakan patung dengan teknik pahat adalah....
Jawaban: tatah

18. Perwujudan bentuk-bentuk patung sanggup berupa mengubah bentuk atau disebut....
Jawaban: surealis

19. Model patung hanya penggalan tubuh tanpa lengan kaki dinamakan patung...
Jawaban: torso

20. Gambar berbentuk perspektif banyak dipakai oleh...
Jawaban: arsitektur

21. Kata perspektif berasal dari bahasa Yunani, yaitu....
Jawaban: prospetiva.

22. Menggambar perspektif secara keilmuan mulai berkembang semenjak zaman....
Jawaban: renaissance

23. Alat yang dipakai untuk memajang karya seni dua dimensi dinamakan....
Jawaban: sketsel

24. Bahan yang dipakai untuk menggantung karya kriya yang perlu penataan khusus adalah...
Jawaban: kawat

25. Membuat miniatur rumah atau bangunan sanggup menggunakan bahan....
Jawaban: tripleks

26. Sebutkan alat dan materi untuk menciptakan seni patung!

Jawaban: alat dan materi menciptakan seni patung, antara lain:
a. Alat: pahat (tatah), gergaji, pisau, parang, martil, dan bor
b. Bahan: kayu, plastisin, fiberglass, tanah liat, gips, semen, pasir, lilin, dan sebagainya.

27. Sebutkan ciri-ciri perspektif!
Jawaban: ciri-ciri perspektif, yaitu:
a. Garis-garis yang sejajar semakin jauh dari sudut pandang (SP) akan semakin menyempit.
b. Garis-garis atau bentuk yang vertikal semakin jauh dengan sudut pandang akan semakin pendek.
c. Bidang yang bentuk dan ukurannya sama, semakin jauh dengan sudut pandang maka semakin kecil.

28. Jelaskan langkah-langkah menciptakan gantungan pot dengan teknik makrame!
Jawaban:  Langkah-langkah menciptakan gantungan pot:
a. menciptakan dasar menyimpul,
b. simpul mati,
c. simpul kordon,
d. simpul kombinasi (menggabungkan simpul sebagai variasi, menyebabkan simpul berbentuk motif yang pada alhasil sanggup terjalin unit-unit simpul menjadi satu bentuk).

29. Sebutkan metode-metode perspektif!
Jawaban: metode-metode perspektif, yaitu:
a. Metode prespektif satu titik lenyap atau titik hilang
b. Metode prespektif dua titik atau titik hilang
c. Metode perspektif tiga titik lenyap atau titik hilang

30. Di dalam menata hasil karya untuk pameran kita akan membutuhkan beberapa media sebagai tempat meletakkan hasil karya tersebut. Sebutkan empat saja!
Jawaban: Media untuk meletakkan hasil karya antara lain:
a. Sketsel, dipakai untuk memajang karya kriya, seperti: kerami, dan karya lain.
b. Meja, dipakai untuk memajang karya kriya mirip keramik
c. Box, dipakai untuk memamerkan patung dan lainnya.
d. Kawat, kawat dipakai untuk menggantungkan karya kriya yang perlu penataan.

31. Menurut Aristoteles musik sanggup menumbuhkan jiwa....
Jawaban: patriotisme

32. Alat musik trombone cara memainkannya dengan...
Jawaban: ditiup

33. Linkin Park ialah grup band yang mengikuti aliran musik...
Jawaban: hip-hop rock

34. Tinggi rendahnya nada disebut...
Jawaban: melodi

35. Lagu komplemen yang mengiringi lagu lain disebut...
Jawaban: counter point

36. Seorang komponis musik populer beraliran klasik adalah....
Jawaban: Wolfgang Amadeus Mozart

37. Improvisasi adalah...
Jawaban: hasil ciptaan musik/lagu yang tidak tertulis

38. Jenis bunyi baritone ialah untuk...
Jawaban: laki-laki

39. Jenis musik yang memadukan unsur teatrikal dalam pertunjukannya disebut musik....
Jawaban: instrumental

40. Ketepatan suatu nada/pitch disebut....
Jawaban: intonasi

41. Tuliskan pembagian terstruktur mengenai dari alat musik tradisional!
Jawaban: pembagian terstruktur mengenai alat tradisional, diantranya:
a. Alat musik petik: gitar, kecapi, sasando, banjo, ukulele, mandolin, harpa, gambus.
b. Alat musik gesek:  biola, rebab, cello
c. Alat musik ketuk: organ, piano, harp, sichord.
d. Alat musik tiup: seruling, terompet, trombone, harmonika, pianika, rekorder sopran
e. Alat musik pukul: tamborin, rebana, gamelan
f. Alat musik modern: gitar listrik, organ, akordeon, drum

42. Tuliskan langkah-langkah yang harus kita lakukan dlaam menggubah atau berkarya musik!
Jawaban: langkah-langkah menggubah karya musik, diantaranya:
a. Memiliki koleksi lagu-lagu/musik nusantara atau mancanegara, piih yang cocok dan sesuai dengan yang kau ungkapkan.
b. Menentukan nada tertinggi dan nada terendah.
c. Menentukan nada dasar, pola irama, dan melodi pokok serta seluruh melodi.
d. Dengan bersenandung, kita wujudkan dalam bentuk bunyi alat musik. Tiap bait kita rekam pada kaset rekorder, kemudian kita tambahkan intro lagu.
e. Bunyi musik tersebut kita putar ulang, dikoreksi, jikalau ada penyempurnaan sanggup diubah.
f. Mulai kita tulis dengan not angka atau not balok tiap bait lagu, hingga seluruh melodi, harmoni, akor serta bass secara keseluruhan
g. Setelah notasinya selesai, gres kita isi dengan syair lagunya atau kalimat lagu.
h. Jadilah teks lagu atau hasil karya musik berdasar gagasan sendiri.

43. Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menciptakan syair atu kalimat lagu daerah!
Jawaban: hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menciptakan syair atau kalimat lagu daerah:
a. Harus memperhatikan tata bahasa yang benar seperti: metafora, personifikasi, analogi, dan alegori.
b. Cara memenggal kalimat harus benar dan sesuai dengan not atau melodi.
c. Syair atau kalimat lagu harus mengalir dan tidak tersendat-sendat
d. Bentuk kalimat sajak sanggup berupa sajak orisinil dan homofoni atau bentuk bebas (tanpa sajak)

44. Apa sajakah yang menjadi unsur utama musik?
Jawaban: Unsur-unsur utama musik, yaitu:
a. Melodi
b. Harmoni
c. Counter point
d. Irama lagu

45. Apakah yang dimaksud dengan komposisi, improvisasi, dan arransemen?
Jawaban:
a. Komposisi ialah musik/lagu yang diciptakan dalam bentuk tertulis untuk didengarkan dan diedarkan yang nantinya akan diberi nilai oleh masyarakat
b. Improvisasi ialah hasil ciptaan musik/lagu yang tidak tertulis dan tidak bersifat infinit (tidak sanggup diulang kembali) dalam bentuk dan intensitas yang sama. Penciptaan secara spontanitas ketika bernyanyi.
c. Arransemen adlah hasil dari tindakan mengatur, menyusun, dan merangkai sesuatu wacana lau sehingga tampak lebih indah dan lebih representatif daripada bentuk awalnya. Tindakan mengatur, menyusun, merangkai materi musik/lagu antara lain: wacana nada, ritme, harmoni, jenis suara.

46. Menurut corak dan perkembangannya tari dibagi menjadi dua, yaitu...
Jawaban:  tari tradisional dan tari kreasi

47. Jenis tarian lepas, bebas aturan dari segala bentuk tradisi tari disebut....
Jawaban: tari modern

48. Tari kreasi dibagi menjadi dua, yaitu...
Jawaban: tari modern dan tari kontemporer

49. Tari balet terlahir di Prancis pada zaman....
 Jawaban: Raja Louis XIV

50. Tari rakayat di Eropa berawal dari tari....
Jawaban: tari keagamaan

51. Dansa modern lahir di Amerika Serikat dengan dansa yang bernama....
Jawaban: dansa ruang pesta

52. Martha Graham ialah seorang penari balerina populer yang berasal dari negara....
Jawaban: Amerika

53. Ringkasan alur gerak tari dari awal hingga final disertai dengan citra pada lantai disebut....
Jawaban: pola lantai

54. Unsur utama dalam tari adalah....
Jawaban: gerak

55. Alat atau perlengkapan tari disebut....
Jawaban: penari

56. Tuliskan peranan tari modern!
Jawaban:  Peranan tari modern
a. sebagai media ekspresi, yaitu media untuk meniptakan sesuatu seolah real atau nyata.
b. media komunikasi, yaitu dalam gerakan tari ada pesan yang disampaikan
c. media berpikir kreatif, yaitu seni tari sanggup menumbuhkan kemampuan otak kanan sehinga menjadi lebih kreatif
d. media membuatkan bakat, yaitu bahwa setiap orang mempunyai talenta tertentu, bagi orang yang mempunyai talenta kinestetik sanggup membuatkan dengan seni tari.

57. Sebutkan dan jelaskan penggolongan seni tari menurut perkembangannya!
Jawaban: seni tari sanggup digolongkan menjadi 4, yaitu:
a. tarian primitif atau tari rakyat, yaitu tarian yang sangat sederhana dan spontanitas dengan gerak dan irama yang tida ada aturannya.
b. tari klasik, yaitu jenis tarian yang sangat besar lengan berkuasa aturan dan hukumnya, perwujudannya aneh mempunyai falsafah yang dalam.

c. tarian modern, yaitu jenis tarian yang lepas, bebas dari aturan dan segala bentuk penemuan dan ekspresi yang bebas dengan ciri-ciri sebagai berikut:
1) Pola gerak lebih bebas tapi masih memperhatikan keindahan
2) Gerak yagn dipakai masih memberi pementingan pada gerak yang tumbuh dari gerak tradisional
3) Masih tetap berada dalam kerangka tradisi tari suatu bangsa

d. tarian kontemporer, yaitu jenis tari yang lepas dari aturan dan tradisi tari.
Ciri-ciri tarian kontemporer, yaitu:
1) Pola-pola geraknya lebih bebas dari tari modern
2) Gerak yang dipakai tidak lagi mendasarkan pada gerak tradisional
3) Tata tari diciptakan sesuai suasana ketika itu.

58.  Sebutkan ciri-ciri tari modern mancanegara!
Jawaban: Ciri-ciri tari modern mancanegara, yaitu:
a. Pola-pola gerak yang lebih jelas, tapi masih memperhatikan keindahan. Kebebasan gerak tari modern masih menggunakan unsur-unsur tari, gerak yang indah, iringan musik, tema, rias, busana, panggung.
b. Gerak yang dipakai bekerjasama dengan gerak tari tradisional. Pola dasar gerak tari modern lebih disederhanakan, sanggup dilihat dari penyederhanaan waktu, yang semula panjang menjadi dipersingkat.
c. Masih tetap berada dalam kerangka tradisi tari suatu bangsa.

59. Tuliskan ciri-ciri tari kontemporer!
Jawaban: ciri-ciri kontemporer, yaitu:
a. Pola-pola gerakannya lebih bebas dari tari modern, teladan gerak meliuk-liuk mirip pohon ditiup angin, merangkak, atau bergulung-gulung di bawah.
b. Tata tari diciptakan sesuai suasana tari modern.

60. Jelaskan manfaat dibuatnya usulan sebelum menyelenggarakan sebuah pertunjukkan!
Jawaban:  Proposal sangat berkhasiat bagi kita untuk menjadi pedoman dalam melaksanakan langkah-langkah untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan, juga sebagai materi informasi bagi pihak tertentu yang membutuhkan.

61. Pencipta karya teater “Romeo and Juliet” adalah....
Jawaban: William Shakespeare

62. Terjadinya penurunan problem dalam teater disebut....
Jawaban: resolusi

63. Seorang dramawan populer dari Norwegia bernama....
Jawaban: Hendrik Ibsen

64. Gagasan/ide yang merupakan dasar dari sebuah drama disebut....
Jawaban: tema

65. Pelukisan awal cerita/pengenalan watak-watak dari tokoh disebut....
Jawaban: eksposition

66. Penggambaran harus berperan sebagai kondisi yang mendukung jalannya kisah dinamakan....
Jawaban: setting/latar

67. Seorang pemain harus berperan sebagai tokoh dalam kisah yang dimainkan disebut...
Jawaban: akting

68. Pendiri kelompok teater “Bengkel Teater” adalah....
Jawaban: W.S. Rendra

69. Man and Superman ialah teater karya...
Jawaban: George Bernard

70. Puncak problem ketika ketegangan dalam permainan teater terjadi disebut....
Jawaban: klimaks

71.  Jelaskan fungsi dari teater mancanegara!
Jawaban: fungsi dari teater mancanegara, yaitu:
a. Teater sebagai media upacara.
Pada zaman Yunani Kuno selalu dilakukan upacara yang bertujuan  melaksanakan persembahan kepada tuhan mereka dengan cara yang teatrikal mirip berperilaku mirip hewan persemban sebelum upacara kurban

b. Teater sebagai media hiburan
Teater ini berkembang pada masa Romawi kuno dimana sudah dibangun sebuah gedung pertunjukan dengan melibatkan penonton dengan membayar untuk melihat pertunjukan
c. Teater sebagai media ekspresi
Maksudnya ialah teater dijadikan sebagai media bagi seorang seniman untuk mencipta dan berkreasi. Karena seorang dramawan akan sangat membutuhkan media dalam mengaktualiasikan kreativitasnya.
d. Teater sebagai media pengembangan bakat.

Dengan teater talenta seseorang yang sanggup menciptakan naskah atau berlaku sebagai orang lain sanggup mengembangkannya di dalam seni teater.

.72. Jelaskan sosok seorang seniman teater Inggris yang populer yang berjulukan William Shakespeare secara singkat!
Jawaban: Shakespeare ialah tokoh teater yang sangat dikagumi pada masanya hingga sekarang. Ia hidup pada masa Ratu Elizabeth I berkuasa di Inggris. Karya-karyanya hingga kini masih tetap banyak disegani oleh kalangan dramawan dan sering dilakukan pementasan dari hasil karya Shakespeare sebagai teladan hasil karya Shakespeare ialah Anthony and Cleopatra, King Lear, Hamlet dan sebagainya.

73. Sebutkan lima unsur dari alur atau plot!
Jawaban: Alur atau plot mempunyai 5 unsur, yaitu:
a. Eksploisition, yaitu pelukisan awal kisah atau pengenalan watak-watak dari tokoh.
b. Komplikasi, yaitu pertikaian awal ketika tokoh-tokoh mulai mempunyai masalah.
c. Klimaks atau puncak masalah, yaitu ketika ketegangan atau problem mencapai puncaknya.
d. Resolusi, yaitu terjadinya penurunan masalah.
e. Catactrophe, yaitu final dari sebuah kisah biasanya dipakai pada drama klasik.

74. Jelaskan unsur-unsur estetis pada naskah drama!
Jawaban: Unsur-unsur estetis pada naskah drama, yaitu:
a. Tema, yaitu gagasan atau wangsit dasar yang merupakan dasar dari sebuah drama.
b. Karakteristik, yaitu banyak sekali macam tabiat dari karakter yang digambarkan oleh pengarang, yang biasanya sanggup berupa tabiat yang periang, sabar, lucu, jahat, dan sebagainya.
c. Alur dan plot, yaitu jalan kisah yang dikemas oleh si pengarang yang antara kisah yang satu dengan yang lainnya bekerjasama lantaran akibat.
d. Setting atau latar, yaitu penggambaran situasi dan kondisi yagn mendukung jalannya cerita.

75. Jelaskan ciri perkembangan teater pada masa Elizabet!
Jawaban: ciri-ciri teater pada masa Elizabeth
a. Sudah menggunakan naskah yang ditulis lebih puitis.
b. Dialog yang dipakai dalam pementasan teater panjang-panjang
c. Penyusunan nasakah lebih bebas tidak mengikuti aturan yang telah ada.
d. Alur bersifat simultan, berganda, dan rangkap.
e. Bentuk teater merupakan adonan antara drama dan humor

76. Latihan pernapasan diharapkan dalam teknik olah...
Jawaban: suara

77. Tekanan yang diberikan pada kata atau obrolan adalah....
Jawaban: intonasi

78. Usia dan jenis kelamin sanggup memengaruhi....
Jawaban: warna suara

79. Berjalan dengan telapak kaki yang terluka merupakan latihan...
Jawaban: olah tubuh

80. Olah pikir sanggup dilakukan dengan....
Jawaban: penghayatan

81. Produser, sutradara, stage manager adalah....
Jawaban: pengelola pementasan

82. Tim artistik biasa dipimpin oleh....
Jawaban: sutradara

83. Pembiayaan, perizinan, dan publikasi merupakan tanggung jawab....
Jawaban: tim produksi

84. Dalam berteater sangat mengutamakan prinsip....
Jawaban: kerja sama

85. Sebuah naskah harus disusun sesuai dengan....
Jawaban: kaidah yang berlaku

86. Sebutkan siapa saja yang bertugas mengelola pementasan!
Jawaban: pengelola pementasan ialah staf produksi yang mencakup produser, sutradara, stage, manager, dan staf artistik yang mencakup desainer dekorasi, desainer tata busana, desainer tata lampu, desainer tata rias, dan desainer tata musik.

87. Jelaskan pengertian dari artikulasi, intonasi, dan gestikulasi!
Jawaban:
a. Artikulasi
Artikulasi pada teater ialah pengucapan kata melalui lisan supaya terdengar baik dan benar, serta terperinci sehingga pendengaran pendengar/penonton sanggup mengerti kata-kata yang diucapkan.
b.Gestikulasi
Suatu cara untuk memenggal kata dan memberi tekanan pada kata atau kalimat pada sebuah dialog.
c. Intonasi
Tekanan-tekanan yang diberikan pada kata, penggalan kata, atau dialog.

88. Sebutkan tahapan yang disusun dalam jadwal produksi!
Jawaban: tahapan yang disusun dalam jadwal produksi:
a. Tahap persiapan: menentukan naskah drama, menentukan sutrada, dan menentukan tangan kanan sutradara dan pemain.
b. Tahap latihan: latihan membaca, latihan blocking, latihan karya, latihan pelicin, dan latihan umum
c. tahap pelaksanaan
d. tahap evaluasi

89.  Apa yang dilakukan guna mendapat sumber dana untuk pementasan!
Jawaban: guna mendapat sumber dana untuk pementasan ialah bekerja sama dengan sponsor, penonton, dan lain-lain.

90. Dalam menyusun suatu naskah drama ada beberapa kaidah yang harus dipenuhi. Sebutkan dan jelaskan kaidah tersebut!
Jawaban: penyusunan karya drama sesuai kaidah pentas, diantaranya:
a. Prolog
prakata yang disampaikan di awal yang menggambarkan atau mengantarkan sebuah cerita
b. Dialog
penggalan naskah


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 90+ Contoh Soal Essay  Seni Budaya Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

 pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menginfokan kabar bangga untuk adik adik kelas Komplit - 90+ Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal Essay Seni Budaya Kelas 12 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal essay seni budaya kelas xii semester 1
    • soal seni budaya kelas xii semester 1 dan kunci jawaban
    • soal seni budaya kelas 12 semester 1 dan jawabannya
    • soal uas seni budaya kelas 12 smk beserta jawaban
    • soal ujian sekolah seni budaya kelas 12
    • soal essay seni teater kelas 12
    • contoh soal essay seni budaya kelas 12
    • soal essay seni budaya kelas xii beserta jawabannya
    •  pdf 2018,2019,2020,2021,2022


    0 Response to "Komplit - 90+ Referensi Soal Essay Seni Budaya Kelas 12 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel