Pengertian Pendidikan Kepramukaan, Nilai, Fungsi, dan Sifatnya
Pengertian Pendidikan Kepramukaan, Nilai, Fungsi, dan Sifatnya
Amongguru.com. Pendidikan Kepramukaan adalah proses pendidikan yang melengkapi pendidikan di lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan menerapkan prinsip dasar Kepramukaan dan metode pendidikan Kepramukaan.
Sasaran akhir dari Pendidikan Kepramukaan adalah terbentuknya kepribadian watak, akhlak mulia, dan memiliki kecakapan hidup.
Istilah Pendidikan Kepramukaan, Gerakan Pramuka, dan Pramuka sering digunakan secara rancu, sehingga dapat mengaburkan pengertian yang seebenarnya.
Pendidikan Kepramukaan merupakan nama dari kegiatan anggota Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka adalah nama organisasi pendidikan dari Pendidikan Kepramukaan.
Sedangkan Pramuka sendiri merupakan anggota dari Gerakan Pramuka yang terdiri dari para anggota muda (peserta didik) dan anggota dewasa (pembina Pramuka).
Pendidikan Kepramukaan sebagai proses pendidikan sepanjang hayat, menggunakan cara-cara yang kreatif, rekreatif, dan edukatif dalam mencapai sasaran dan tujuannya.
Bentuk kegiatan Pendidikan Kepramukaan dikemas melalui kegiatan yang menarik, menyenangkan, penuh tantangan, serta sesuai dengan bakat dan minat peserta didik.
Melalui kegiatan tersebut, diharapkan kemantapan mental, fisik, pengetahuan, keterampilan, rasa sosial, spiritual, dan emosional peserta didik dapat berkembang secara baik serta terarah.
-
Nilai-nilai Pendidikan Kepramukaan
Kegiatan Pendidikan Kepramukaan merupakan kegiatan yang banyak dilakukan di alam terbuka (outdoor activity), yang mengandung dua nilai penting, sebagai berkut.
- Nilai formal; yaitu nilai pendidikannya, untuk pembentukan watak (character building).
- Nilai materiil; yaitu nilai kegunaannya secara praktis
-
Fungsi Pendidikan Kepramukaan
Pendidikan Kepramukaan berfungsi sebagai berikut.
- Permainan (game) yang menarik, menyenangkan, menantang, dan mengandung unsur pendidikan bagi peserta didik.
- Pengabdian bagi anggota dewasa.
- Alat pembinaan dan pengembangan generasi muda.
-
Sifat Pendidikan Kepramukaan
Beberapa sifat dari Pendidikan Kepramukaan sebagai berikut.
- Terbuka; dapat didirikan di seluruh Indonesia dan diikuti oleh seluruh warga negara Indonesia tanpa membedakan suku, ras, dan agama.
- Universal; tidak terlepas dari idealisme prinsip dasar dan metode Pendidikan Kepramukaan se-dunia.
- Sukarela; artinya tidak ada unsur paksaan dan keharusan untuk menjadi anggota Gerakan Pramuka.
- Patuh dan taat terhadap semua peraturanserta perundang-undangan NKRI.
- Bukan organisasi berkekuatan sosial politik dan bukan merupakan salah satu kekuatan organisasi sosial politik.
-
Pilar Pendidikan Kepramukaan
Kegiatan Pendidikan Kepramukaan wajib memperhatikan tiga pilar Pendidikan Kepramukaan, sebagai berikut.
- Modern; selalu mengikuti perkembangan jaman.
- Asas manfaat; kegiatannya harus memperhatikan manfaat bagi peserta didik.
- Asas taat kode kehormatan; untuk mengembangkan wakak atau karakter peserta didik.
- Unsur Terpadu Pendidikan Kepramukaan
Di dalam kegiatan Pendidikan Kepramukaan, selalu terjalin lima unsur terpadu sebagai berikut.
- Prinsip Dasar Pendidikan Kepramukaan.
- Metode Kepramukaan.
- Kode Kehormatan Pramuka.
- Motto Gerakan Pramuka
- Kiasan Dasar Pendidikan Kepramukaan.
Baca juga :
- Prinsip Dasar Kepramukaan dan Fungsinya Dalam Gerakan Pramuka
- Sejarah Singkat Gerakan Pramuka, Masa Hindia Belanda Hingga Sekarang
- Tingkatan dan Golongan Dalam Gerakan Pramuka Indonesia
- Macam-macam Simpul Tali Pramuka Dilengkapi Gambar
Demikian ulasan mengenai pengertian Pendidikan Kepramukaan, nilai, fungsi, dan sifatnya. Semoga bermanfaat.
0 Response to "Pengertian Pendidikan Kepramukaan, Nilai, Fungsi, dan Sifatnya"
Post a Comment