Komplit - 40+ Pola Soal Pg Dan Essay Pkn Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru
Friday, August 24, 2018
Add Comment
40+ Contoh Soal PG dan Essay PKN Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Hai sobat bospedia.com, admin ada hajat ingin membagikan soal soal sekitar 40 soal Latihan PG dan soal Essay yang siap dibagikan dengan adik adik beserta dengan kunci jawabannya, dikhususkan untuk adik adik yang sedang duduk dibangku kelas 11 SMA/MA, soal ini admin sediakan sekitar 45 Soal yang siap digunakan adik adik sebagai materi latihan. Oiya Oleh Somantri (1967) istilah Kewargaannegara merupakan terjemahan dari “civics” yang merupakan mata pelajaran sosial yang bertujuan membina dan membuatkan anak didik semoga menjadi warga Negara yang baik (good citizen). Warga Negara yang baik yaitu warga Negara yang tahu, mau, dan bisa berbuat baik” (somantri 1970) atau secara umum yang mengetahui, menyadari, dan melaksanakan hak dan kewajibanya sebagai warga Negara”
Secara yuridis ada beberapa ketentuan perundang-undangan yang mengandung amanat tersebut,sebagai berikut:
1. Pembukaan Undang-Undang dasar negara Republik Indonesia dan Perubahannya (UUD 1945 dan Perubahannya), khususnya alinea ke-4 yang menyatakan bahwa pembentukan Pemerintah Negara Indonesia dimaksudkan untuk : ‘’…melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekan, perdamaian abadi dan keadilan sosial maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa,Kemanusian yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kecerdikan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional (UU RI N0. 20 Tahun 2003 perihal Sisdiknas) Khususnya:
Pasal 3
yang menyatakan bahwa ‘’Pendidikan nasional berfungsi membuatkan kemampuan dan membentuk tabiat serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik semoga menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Pasal 4
menyampaikan sebagai berikut:
Pasal 37
ayat (1) yang menyatakan bahwa “kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat: Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni dan Budaya, Pendidikan Jasmani dan Olahraga, Keterampilan/Kejujuran, dan Muatan Lokal, dan ayat (2) Memuat: Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Bahasa.
Pasal 38
ayat yang menyatakan bahwa “Kurikulum Pendidkan Dasar dan Menengah dikembangkan sesuai relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan dan komite sekolah/madrasah di bawah koordinasi dan supervise dinas pendidikan atau kantor departemen agama kabupaten/kota untuk pendidikan dasar dan provinsi untuk pendidikan menengah.
2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 perihal Standar Nasional Pendidikan (PP RI NO 19 Tahun 2005 perihal SNP)
3. Pasal 6 ayat (4) menyatakan bahwa “setiap kelompok mata pelajaran sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dilaksanakan secara holistic sehinggga pembelajaran masing-masing kelompok mata pelajaran ikut mewarnai pemahaman dan penghayatan peserta didik”.
4. Pasal 7 ayat (2) menyatakan bahwa kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian yaitu:
40+ Contoh Soal PG dan Essay PKN Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Rajasoal.com dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal PG dan Essay PKN Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini yaitu rincian Soal PG dan Essay PKN Kelas 11 SMA/MA.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut bospedia memberikan Soal PG dan Essay PKN Kelas 11 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada Pengawas/Guru
A. Jawablah soal dibahwah ini dengan benar!
1. Landasan idiil politik luar negeri Indonesia adalah....
a. Pancasila
b. Undang-Undang Dasar 1945
c. Keppres
d. Keputusan Menteri Luar Negeri
e. Tap MPR
Jawaban: a
2. Sebagai sponsor bagi banyak sekali negosiasi perdamaian antarnegara yang sedang dilanda konflik, yaitu peranan organisasi....
a. PBB
b. Mahkamah Internasional
c. sekretariat
d. dewan ekonomi
e. dewan keamanan PBB
Jawaban: a
3. Pemrakarsa berdirinya ASEAN dari negara Filipina adalah....
a. Adam Malik
b. Narsico Ramos
c. Tun Abdul Rajak
d. S. Rajaratnam
e. Thanat Khoman
Jawaban: b
4. Berikut ini yang dimaksud dengan Charter yaitu bentuk perjanjian internasional....
a. digunakan untuk menuntaskan problem yang menyangkut bidang politik dan keamanan
b. digunakan oleh banyak sekali negara untuk melaksanakan perjanjian dengan beberapa negara
c. sifatnya menambah dan mengubah ketentuan-ketentuan pada perjanjian
d. mengikat pihak-pihak yang terlibat di dalamnya
e. mengatur anggaran dasar suatu organisasi internasional
Jawaban: d
5. Perjanjian internasional mulai berlaku dan mengikat pada waktu....
a. perundingan
b. ditandatangani
c. disetujui parlemen
d. diratifikasi
e. diundangkan
Jawaban: d
6. Selain untuk mewakili pemerintah negaranya, ia juga sanggup melaksanakan protes, mengadakan penyelidikan, pertanyaan dengan pemerintah negara penerima, yaitu....
a. negoisisasitan
b. proteksi
c. persahabatan
d. observasi
e. representasi
Jawaban: e
7. Perjanjian antara Indonesia dengan Belanda mengenai....
a. garis-garis wilayah
b. normalisasi korelasi dimplomatik
c. normalisasi korelasi kedua negara
d. garis batas landas kontinen
e. penyerahan Irian Barat
Jawaban: e
8. Hubungan internasional atau korelasi antarbangsa sanggup berupa korelasi antara....
a. orang perorang
b. kelompok orang
c. orang perorang, kelompok, dan antaranegara
d. negara
e. orang perorangan atau antarkelompok
Jawaban: c
9. Berikut ini yang bukan salah satu alasannya suatu perjanjian internasional berakhir.....
a. tujuan perjanjian itu sudah tercapai
b. terdapat perubahan fundamental yang memengaruhi pelaksanaan perjanjian
c. dibuat suatu perjanjian gres yang menggantikan perjanjian lama
d. objek perjanjian hilang
e. yang menciptakan perjanjian sudah tidak ada
Jawaban: e
10. Penggunaan banyak sekali macam istilah untuk perjanjian internasional tolong-menolong menunjukkan....
a. keragaman isi perjanjian
b. tingkat pentingnya perjanjian
c. tidak ada perbedaan
d. bentuk yang mewaspadai negara-negara
e. perbedaan yang perlu ditegaskan
Jawaban: b
11. Tahap-tahap dalam perjanjian internasional adalah.....
a. negoisasi, ratifikasi, dan realisasi
b. negoisasi, persetujuan, dan ratifikai
c. proses verbal, persetujuan, dan ratifikai
d. negoisasi, penandatanganan, dan ratifikasi
e. pertukaran nota, persetujuan, dan ratifikasi
Jawaban: b
12. Mengadakan bimbingan dan pengawasan terhadap warga negara yang ada di wilayah kerjanya, merupakan fungsi dari.....
a. diplomatik
b. konsuler
c. atase-atase
d. duta besar
e. PBB
Jawaban: b
13. Hubungan antarbangsa mutlak dilakukan oleh negara manapun di dunia, kecuali....
a. setiap negara mempunyai kepentingannya sendiri-sendiri
b. tujuan setiap negara berbeda-beda
c. pada zaman modern ini tidak mungkin suatu bangsa bisa mencukupi semua kebutuhannya tanpa dukungan negara lain
d. adanya kolaborasi ekonomi dan perdagangan
e. meningkatkan kebutuhan setiap bangsa sejalan dengan kemajuan teknologi
Jawaban: a
14. Perjanjian-perjanjian internasional yang berisikan prinsip-prinsip dan ketentuan-ketentuan yang berlaku secara umum, yaitu....
a. law of coordination
b. law of power
c. treaty contracts
d. law of reciproity
e. law making trites
Jawaban: e
15. Hukum internasional yang mengatur negara yang satu dengan lainnya dalam korelasi internasional disebut....
a. aturan internsional tertulis
b. aturan perdata internasional
c. aturan internasional tidak tertulis
d. aturan publik internasional
e. aturan antarbangsa
Jawaban: b
16. Berikut ini yang tidak termasuk subjek aturan internasional adalah....
a. zona perang
b. tahkta suci
c. palang merah internasional
d. organisasi internasional
e. negara
Jawaban: a
17. Di bawah ini yang termasuk subjek-subjek korelasi internasional, kecuali....
a. organisasi internasional
b. diplomasi
c. aturan internasional
d. politik internasional
e. negara
Jawaban: e
18. Setiap warga negara di manapun berada, tetap berada di bawah jangkauan aturan negara asalnya, yaitu....
a. asas teritorial
b. asas kebangsaaan
c. asas kepentingan umum
d. asas equality
e. asas sunt servada
Jawaban: b
19. berikut ini yang bukan merupakan sumber aturan formal yang dijadikan pola untuk menuntaskan sengketa internasional, yaitu....
a. perjanjian internasional
b. kebiasaan internasional
c. asas aturan yang diakui oleh negara
d. keputusan pengadilan
e. organisasi internasional
Jawaban: e
20. Sesuatu yang menjadikan perbedaan pendapat, pertengkaran, atau perselisihan di antara anggota masyarakat internasional, baik negara, organisasi internasional, maupun individu yaitu pengertian.....
a. alasannya sengketa internasional
b. masalah internasional
c. sengketa internasional
d. cara menyelasaikan masalah-masalah internasional
e. Mahkamah Internasional
Jawaban: c
21. Suatu bentuk perjanjian internasional yang digunakan untuk Piagam Liga Bangsa-Bangsa merupakan istilah perjanjian internasional, yaitu....
Jawaban: convenant
22. Perjanjian internasional sanggup diklasifikasikan menjadi....
Jawaban: empat
23. Meningkatkan kolaborasi kedua negara di banyak sekali bidang merupakan salah satu fungsi....
Jawaban: korelasi internasional
24. Pembicaraan antara F.D. Roosevelt dan Winston Churchill dikenal dengan nama...
Jawaban: Atlantic Charter
25. Law making treaty dan treaty contracts merupakan perjanjian internasional yang dianggap sebagai....
Jawaban: sumber aturan internasional
26. Menentukan adanya suatu bahaya terhadap perdamaian merupakan fungsi dari....
Jawaban: Dewan Keamanan PBB
27. sumber aturan formal bagi aturan Internasional adalah....
Jawaban: sumber dari mana aturan itu daimbil
28. Konvensi-konvensi Wina pada tahun 1961 dituangkan dalam bentuk....
Jawaban: perstujuan bersama dan komunikasi bersama
29. Maalah Siprus, yaitu antara .... dan ....
Jawaban: penduduk keturunan Yunani dan keturunan Turki
30. Contoh masalah bidang politik, yaitu....
Jawaban: masalah Khasmir, masalah Semenanjung Korea, dan masalah Kawasan Timur Tengah
31. Suatu negara untuk sanggup melaksanakan korelasi internasional dengan negara lain di dunia internasional dan melaksanakan perjanjian internasional, maka negara tersebut harus berdaulat keluar. Mengapa dalam melaksanakan perjanjian internasional harus berdaulat keluar?
Jawaban: lantaran kedaulatan ke luar berarti negara tersebut berkuasa secara eksklusif tanpa campur tangan dari negara lain.
32. Sebutkan sarana-sarana korelasi internasional!
Jawaban:
a. Alat kelengkapan negara di dalam negeri
b. Alat kelengkapan negara di luar negeri
c. Perutusan khusus
d. Perwakilan lain
33. Jelaskan yang dimaksud dengan kebulatan suara!
Jawaban: kebulatan bunyi yaitu persyaratan itu sah berlaku apabila disetujui seluruh peserta perjanjian
34. Sebutkan istilah-istilah dalam perjanjian internasional!
Jawaban: Traktat, pakta, konvensi, charter, deklarasi, modus vivendi, convenant, piagam, dan perjanjian.
35. Pembentukan suatu organisasi atau forum di dunia tentunya mempunyai tujuan. Coba sebutkan tiga tujuan dibentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa!
Jawaban:
a. Memelihara perdamaian dan keamanan internasional
b. Meningkatkan korelasi erat antarnegara atau antarbangsa berdasarkan atas persamaan hak dan memilih nasib sendiri.
c. Meningkatkan kolaborasi internasional untuk memecahkan masalah internasional di bidang politik, sosial, kebudayaan, kependudukan, dan lain-lain.
36. Jelaskan kiprah perwakilan konsuler!
Jawaban: tugas perwakilan konsuler yaitu melindungi kepentingan nasional negara dan warga negara pengirim di negara penerima, menyelenggarakan urusan pengamanan, penerangan, konsuler, protokol, komunikasi, dan persandian.
37. Terdapat banyak para hebat aturan internasional yang telah mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian aturan internasional dengan rumusan yang berbeda-beda. Coba jelaskan pengertian aturan internasional berdasarkan Brierly!
Jawaban: pengertian aturan internasional berdasarkan Brierly yaitu sekumpulan aturan dan asas untuk berbuat sesuatu yang mengikat negara-negara beradab di dalam korelasi mereka dengan yang lainnya.
38. Sebutkan macam-macam subjek aturan internasional!
Jawaban: negara, Takhta Suci Vatikan, manusia, organisasi internasional, dan Palang Merah Internasional.
39. Sebutkan cara menuntaskan masalah-masalah internasional!
Jawaban:
a. Penyelesaian secara politik
b. penyelesaian dalam kerangka organisasi PBB
c. Penyelesaian dalam organisasi-organisasi regional
d. Penyelesaian secara paksa atau dengan kekerasan
40. Sebutkan isi bab pertama dari Keputusan Mahkamah Internasional!
Jawaban: informasi mengenai pihak-pihak yang bersengketa serta wakil-wakilnya, analisis mengenai fakta-fakta dan argumentai aturan pihak-pihak yang bersengketa.
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 40+ Contoh Soal PG dan Essay PKN Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Fungsi dan Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan
Dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara sekolah sebagai wahana pengembangan warga yang demokratis dan bertanggung jawab, yang secara kurikuler pendidikan kewarganegaraan yang harus menjadi wahana psikologis-pedagogis yang utama.Secara yuridis ada beberapa ketentuan perundang-undangan yang mengandung amanat tersebut,sebagai berikut:
1. Pembukaan Undang-Undang dasar negara Republik Indonesia dan Perubahannya (UUD 1945 dan Perubahannya), khususnya alinea ke-4 yang menyatakan bahwa pembentukan Pemerintah Negara Indonesia dimaksudkan untuk : ‘’…melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekan, perdamaian abadi dan keadilan sosial maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa,Kemanusian yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kecerdikan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional (UU RI N0. 20 Tahun 2003 perihal Sisdiknas) Khususnya:
Pasal 3
yang menyatakan bahwa ‘’Pendidikan nasional berfungsi membuatkan kemampuan dan membentuk tabiat serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik semoga menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Pasal 4
menyampaikan sebagai berikut:
- Pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia, Nilai Keagamaan, Nilai kultural, dan Kemajemukan Bangsa.
- Pendidikan diselenggarakan sebagai satu kesatuan yang sistemik dengan sistem terbuka dan multimakna.
- Pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat.
- Pendidikan diselenggarakan dengan member keteladanan, membangun kemauan, dan membuatkan kreatifitas peserta didik dalam proses pembelajaran.
- Pendidikan diselenggarakan dengan membuatkan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat.
- Pendidikan diselenggarakan dengan memberdayakan semua komponen masyarakat melalui kiprah serta dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan pendidikan.
Pasal 37
ayat (1) yang menyatakan bahwa “kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat: Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni dan Budaya, Pendidikan Jasmani dan Olahraga, Keterampilan/Kejujuran, dan Muatan Lokal, dan ayat (2) Memuat: Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Bahasa.
Pasal 38
ayat yang menyatakan bahwa “Kurikulum Pendidkan Dasar dan Menengah dikembangkan sesuai relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan dan komite sekolah/madrasah di bawah koordinasi dan supervise dinas pendidikan atau kantor departemen agama kabupaten/kota untuk pendidikan dasar dan provinsi untuk pendidikan menengah.
2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 perihal Standar Nasional Pendidikan (PP RI NO 19 Tahun 2005 perihal SNP)
3. Pasal 6 ayat (4) menyatakan bahwa “setiap kelompok mata pelajaran sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dilaksanakan secara holistic sehinggga pembelajaran masing-masing kelompok mata pelajaran ikut mewarnai pemahaman dan penghayatan peserta didik”.
4. Pasal 7 ayat (2) menyatakan bahwa kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian yaitu:
- Paket A: SD/MI/SDLB
- Paket B: SMP/MTs/SMPLB
- Peket C: SMA/MA/SMALB/SMK/MAK atau bentuk lain yang sederajat
Soal PG dan Essay PKN Kelas 11 SMA/MA
40+ Contoh Soal PG dan Essay PKN Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Rajasoal.com dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal PG dan Essay PKN Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini yaitu rincian Soal PG dan Essay PKN Kelas 11 SMA/MA.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut bospedia memberikan Soal PG dan Essay PKN Kelas 11 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada Pengawas/Guru
A. Jawablah soal dibahwah ini dengan benar!
1. Landasan idiil politik luar negeri Indonesia adalah....
a. Pancasila
b. Undang-Undang Dasar 1945
c. Keppres
d. Keputusan Menteri Luar Negeri
e. Tap MPR
Jawaban: a
2. Sebagai sponsor bagi banyak sekali negosiasi perdamaian antarnegara yang sedang dilanda konflik, yaitu peranan organisasi....
a. PBB
b. Mahkamah Internasional
c. sekretariat
d. dewan ekonomi
e. dewan keamanan PBB
Jawaban: a
3. Pemrakarsa berdirinya ASEAN dari negara Filipina adalah....
a. Adam Malik
b. Narsico Ramos
c. Tun Abdul Rajak
d. S. Rajaratnam
e. Thanat Khoman
Jawaban: b
4. Berikut ini yang dimaksud dengan Charter yaitu bentuk perjanjian internasional....
a. digunakan untuk menuntaskan problem yang menyangkut bidang politik dan keamanan
b. digunakan oleh banyak sekali negara untuk melaksanakan perjanjian dengan beberapa negara
c. sifatnya menambah dan mengubah ketentuan-ketentuan pada perjanjian
d. mengikat pihak-pihak yang terlibat di dalamnya
e. mengatur anggaran dasar suatu organisasi internasional
Jawaban: d
5. Perjanjian internasional mulai berlaku dan mengikat pada waktu....
a. perundingan
b. ditandatangani
c. disetujui parlemen
d. diratifikasi
e. diundangkan
Jawaban: d
6. Selain untuk mewakili pemerintah negaranya, ia juga sanggup melaksanakan protes, mengadakan penyelidikan, pertanyaan dengan pemerintah negara penerima, yaitu....
a. negoisisasitan
b. proteksi
c. persahabatan
d. observasi
e. representasi
Jawaban: e
7. Perjanjian antara Indonesia dengan Belanda mengenai....
a. garis-garis wilayah
b. normalisasi korelasi dimplomatik
c. normalisasi korelasi kedua negara
d. garis batas landas kontinen
e. penyerahan Irian Barat
Jawaban: e
8. Hubungan internasional atau korelasi antarbangsa sanggup berupa korelasi antara....
a. orang perorang
b. kelompok orang
c. orang perorang, kelompok, dan antaranegara
d. negara
e. orang perorangan atau antarkelompok
Jawaban: c
9. Berikut ini yang bukan salah satu alasannya suatu perjanjian internasional berakhir.....
a. tujuan perjanjian itu sudah tercapai
b. terdapat perubahan fundamental yang memengaruhi pelaksanaan perjanjian
c. dibuat suatu perjanjian gres yang menggantikan perjanjian lama
d. objek perjanjian hilang
e. yang menciptakan perjanjian sudah tidak ada
Jawaban: e
10. Penggunaan banyak sekali macam istilah untuk perjanjian internasional tolong-menolong menunjukkan....
a. keragaman isi perjanjian
b. tingkat pentingnya perjanjian
c. tidak ada perbedaan
d. bentuk yang mewaspadai negara-negara
e. perbedaan yang perlu ditegaskan
Jawaban: b
11. Tahap-tahap dalam perjanjian internasional adalah.....
a. negoisasi, ratifikasi, dan realisasi
b. negoisasi, persetujuan, dan ratifikai
c. proses verbal, persetujuan, dan ratifikai
d. negoisasi, penandatanganan, dan ratifikasi
e. pertukaran nota, persetujuan, dan ratifikasi
Jawaban: b
12. Mengadakan bimbingan dan pengawasan terhadap warga negara yang ada di wilayah kerjanya, merupakan fungsi dari.....
a. diplomatik
b. konsuler
c. atase-atase
d. duta besar
e. PBB
Jawaban: b
13. Hubungan antarbangsa mutlak dilakukan oleh negara manapun di dunia, kecuali....
a. setiap negara mempunyai kepentingannya sendiri-sendiri
b. tujuan setiap negara berbeda-beda
c. pada zaman modern ini tidak mungkin suatu bangsa bisa mencukupi semua kebutuhannya tanpa dukungan negara lain
d. adanya kolaborasi ekonomi dan perdagangan
e. meningkatkan kebutuhan setiap bangsa sejalan dengan kemajuan teknologi
Jawaban: a
14. Perjanjian-perjanjian internasional yang berisikan prinsip-prinsip dan ketentuan-ketentuan yang berlaku secara umum, yaitu....
a. law of coordination
b. law of power
c. treaty contracts
d. law of reciproity
e. law making trites
Jawaban: e
15. Hukum internasional yang mengatur negara yang satu dengan lainnya dalam korelasi internasional disebut....
a. aturan internsional tertulis
b. aturan perdata internasional
c. aturan internasional tidak tertulis
d. aturan publik internasional
e. aturan antarbangsa
Jawaban: b
16. Berikut ini yang tidak termasuk subjek aturan internasional adalah....
a. zona perang
b. tahkta suci
c. palang merah internasional
d. organisasi internasional
e. negara
Jawaban: a
17. Di bawah ini yang termasuk subjek-subjek korelasi internasional, kecuali....
a. organisasi internasional
b. diplomasi
c. aturan internasional
d. politik internasional
e. negara
Jawaban: e
18. Setiap warga negara di manapun berada, tetap berada di bawah jangkauan aturan negara asalnya, yaitu....
a. asas teritorial
b. asas kebangsaaan
c. asas kepentingan umum
d. asas equality
e. asas sunt servada
Jawaban: b
19. berikut ini yang bukan merupakan sumber aturan formal yang dijadikan pola untuk menuntaskan sengketa internasional, yaitu....
a. perjanjian internasional
b. kebiasaan internasional
c. asas aturan yang diakui oleh negara
d. keputusan pengadilan
e. organisasi internasional
Jawaban: e
20. Sesuatu yang menjadikan perbedaan pendapat, pertengkaran, atau perselisihan di antara anggota masyarakat internasional, baik negara, organisasi internasional, maupun individu yaitu pengertian.....
a. alasannya sengketa internasional
b. masalah internasional
c. sengketa internasional
d. cara menyelasaikan masalah-masalah internasional
e. Mahkamah Internasional
Jawaban: c
21. Suatu bentuk perjanjian internasional yang digunakan untuk Piagam Liga Bangsa-Bangsa merupakan istilah perjanjian internasional, yaitu....
Jawaban: convenant
22. Perjanjian internasional sanggup diklasifikasikan menjadi....
Jawaban: empat
23. Meningkatkan kolaborasi kedua negara di banyak sekali bidang merupakan salah satu fungsi....
Jawaban: korelasi internasional
24. Pembicaraan antara F.D. Roosevelt dan Winston Churchill dikenal dengan nama...
Jawaban: Atlantic Charter
25. Law making treaty dan treaty contracts merupakan perjanjian internasional yang dianggap sebagai....
Jawaban: sumber aturan internasional
26. Menentukan adanya suatu bahaya terhadap perdamaian merupakan fungsi dari....
Jawaban: Dewan Keamanan PBB
27. sumber aturan formal bagi aturan Internasional adalah....
Jawaban: sumber dari mana aturan itu daimbil
28. Konvensi-konvensi Wina pada tahun 1961 dituangkan dalam bentuk....
Jawaban: perstujuan bersama dan komunikasi bersama
29. Maalah Siprus, yaitu antara .... dan ....
Jawaban: penduduk keturunan Yunani dan keturunan Turki
30. Contoh masalah bidang politik, yaitu....
Jawaban: masalah Khasmir, masalah Semenanjung Korea, dan masalah Kawasan Timur Tengah
31. Suatu negara untuk sanggup melaksanakan korelasi internasional dengan negara lain di dunia internasional dan melaksanakan perjanjian internasional, maka negara tersebut harus berdaulat keluar. Mengapa dalam melaksanakan perjanjian internasional harus berdaulat keluar?
Jawaban: lantaran kedaulatan ke luar berarti negara tersebut berkuasa secara eksklusif tanpa campur tangan dari negara lain.
32. Sebutkan sarana-sarana korelasi internasional!
Jawaban:
a. Alat kelengkapan negara di dalam negeri
b. Alat kelengkapan negara di luar negeri
c. Perutusan khusus
d. Perwakilan lain
33. Jelaskan yang dimaksud dengan kebulatan suara!
Jawaban: kebulatan bunyi yaitu persyaratan itu sah berlaku apabila disetujui seluruh peserta perjanjian
34. Sebutkan istilah-istilah dalam perjanjian internasional!
Jawaban: Traktat, pakta, konvensi, charter, deklarasi, modus vivendi, convenant, piagam, dan perjanjian.
35. Pembentukan suatu organisasi atau forum di dunia tentunya mempunyai tujuan. Coba sebutkan tiga tujuan dibentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa!
Jawaban:
a. Memelihara perdamaian dan keamanan internasional
b. Meningkatkan korelasi erat antarnegara atau antarbangsa berdasarkan atas persamaan hak dan memilih nasib sendiri.
c. Meningkatkan kolaborasi internasional untuk memecahkan masalah internasional di bidang politik, sosial, kebudayaan, kependudukan, dan lain-lain.
36. Jelaskan kiprah perwakilan konsuler!
Jawaban: tugas perwakilan konsuler yaitu melindungi kepentingan nasional negara dan warga negara pengirim di negara penerima, menyelenggarakan urusan pengamanan, penerangan, konsuler, protokol, komunikasi, dan persandian.
37. Terdapat banyak para hebat aturan internasional yang telah mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian aturan internasional dengan rumusan yang berbeda-beda. Coba jelaskan pengertian aturan internasional berdasarkan Brierly!
Jawaban: pengertian aturan internasional berdasarkan Brierly yaitu sekumpulan aturan dan asas untuk berbuat sesuatu yang mengikat negara-negara beradab di dalam korelasi mereka dengan yang lainnya.
38. Sebutkan macam-macam subjek aturan internasional!
Jawaban: negara, Takhta Suci Vatikan, manusia, organisasi internasional, dan Palang Merah Internasional.
39. Sebutkan cara menuntaskan masalah-masalah internasional!
Jawaban:
a. Penyelesaian secara politik
b. penyelesaian dalam kerangka organisasi PBB
c. Penyelesaian dalam organisasi-organisasi regional
d. Penyelesaian secara paksa atau dengan kekerasan
40. Sebutkan isi bab pertama dari Keputusan Mahkamah Internasional!
Jawaban: informasi mengenai pihak-pihak yang bersengketa serta wakil-wakilnya, analisis mengenai fakta-fakta dan argumentai aturan pihak-pihak yang bersengketa.
Soal PG dan Essay PKN Kelas 11 SMA/MA File ini dalam Bentuk .doc File Size 33Kb
Diupload oleh www.bospedia.com
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal pkn kelas 11 semester 2
- soal pkn kelas 11 semester 1 kurikulum 2013
- soal pkn kelas xi semester 1 beserta kunci jawaban
- soal essay pkn kelas 11 semester 2
- soal uas pkn kelas 11 semester 1
- soal pilihan ganda dan tanggapan pkn kelas xi semester 1
- soal uas pkn kelas 11 dan kunci jawaban
- soal uas pkn kelas 11 semester 2 2018/2019/2020/2021
0 Response to "Komplit - 40+ Pola Soal Pg Dan Essay Pkn Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru"
Post a Comment