Pengertian, Jenis-Jenis, Manfaat Dan Pola Sabar

Tidak semua orang mempunyai sikap sabar. Beberapa di antaranya terbilang sangat gampang murka dan emosian. Tidak heran, lantaran intinya menjadi orang yang tabah yaitu hal yang cukup sulit. Pengertian tabah berkaitan dengan menahan amarah. Dengan bersikap tabah terkadang seseorang juga dituntut untuk mau diperlakukan tidak adil. Dengan terpaksa seseorang harus membunuh egonya demi kebaikan dirinya dan orang lain terlepas dari siapa yang benar. Sangat menyebalkan memang, tetapi memang begitulah seharusnya yang harus dilakukan seseorang dikala menentukan untuk sabar. Dan meskipun terlihat kecil, namun tabah yaitu sebuah kasus yang besar. Oleh lantaran itu, hanya orang yang berjiwa besar yang bisa untuk bersikap tabah ini.

 Beberapa di antaranya terbilang sangat gampang murka dan emosian Pengertian, Jenis-jenis, Manfaat dan Contoh Sabar
Pengertian, Jenis-jenis, Manfaat dan Contoh Sabar


Pengertian Sabar Menurut Para Ahli

Sabar bisa dikaitkan juga dengan sikap ikhlas. Jika seorang ditimpa musibah, maka mau tidak mau orang tersebut harus mendapatkan keadaan tersebut dengan lapang dada. Mereka pun harus pasrah dan berdoa atas keadaan yang menimpanya tersebut. Dan dari situlah alhasil sikap tabah ini muncul. Sabar akan menjadi satu-satunya penolong dari segala keterpurukan yang dialami. Karena dengan sabar, berarti si penderita masih percaya dengan adanya Tuhan. Dia percaya bahwa Tuhan mempunyai rencana yang lebih indah dari apa yang diinginkannya. Oleh lantaran itulah, tak jarang orang tabah dikaitkan juga dengan orang yang mempunyai dogma kuat. Hal ini serupa dengan pengertian tabah berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia bahwa tabah bekerjasama dengan istilah agama. Istilah tersebut bermakna perihal sikap seseorang yang tahan dikala menderita, tahan ujian, dan selalu berhati-hati. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menjalankan perintah Allah.

Ibnu Katsir juga menyampaikan hal yang serupa perihal pengertian sabar. Pengertian perihal sikap ini menurutnya terbagi menjadi tiga bagian. Yang pertama, tabah dalam meninggalkan perbuatan dan hal yang mengundang dosa. Kedua, tabah dalam melaksanakan pendekatan pada Allah SWT. Dan yang terakhir yaitu, tabah dalam menghadapi petaka yang menimpanya. Selain itu, tabah ini bergotong-royong juga merupakan perintah Allah SWT. Hal tersebut tertulis terperinci di dalam kitab suci Al Qur’an surat kedua ayat 153. Dan di dalam Al Qur’an juga tertulis bahwa Allah SWT sangat memuji orang-orang yang bisa dan mau untuk bersabar. Oleh lantaran itu, tidak heran jikalau tabah bisa dijadikan contoh tingkat keimanan seseorang.

Sabar yaitu suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. [1] tabah merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya.  Semakin tinggi kesabaran yang seseorang miliki maka semakin kokoh juga ia dalam menghadapi segala macam problem yang terjadi dalam kehidupan. Sabar juga sering dikaitkan dengan tingkah laris positif yang ditonjolkan oleh individu atau seseorang.

Dalam sebuah pernyataan pendek, dikatakan bahwa tabah itu "...seperti namanya, yaitu sesuatu yang pahit dirasakan, tetapi hasilnya lebih manis daripada madu."

Pandangan agama Islam

Salah satu dalil perihal kesabaran berdasarkan Islam yaitu dalam Qur'an, sungguh Allah Berfirman: "Bersabarlah kalian. Sungguh Allah bersama orang-orang yang sabar." Dalil ini menyampaikan bahwa tabah itu wajib. Dalam hal ini, seseorang menahan diri dari segala ujian yang menimpanya dan itu dianggap berat olehnya; tapi dengan ia menahan diri dengan jalan bersabar, maka ia menjauhkan dirinya dari kemarahan terhadap segala yang menimpanya demi menjaga keimanannya.

Dengan bersikap sabar, terkadang problem yang begitu besar bisa terselesaikan dalam sekejap mata. Sangat menakjubkan memang kekuatan dari sikap ini. Oleh lantaran itu, sikap tabah ini sangat penting untuk dimiliki. Orang yang tabah tentu akan mempunyai kehidupan yang tenang dan tenteram. Karena semasa hidupnya ia menjauhi kasus yang membuatnya bersikap angkuh dan bernafsu terhadap orang lain. Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian tabah berdasarkan pandangan mahir dan agama.

Manfaat Sabar

Perlu kita ketahui apa manfaat tabah yaitu :

1. Memberi ketenangan pada tubuh dan pikiran
Dengan tabah menciptakan tubuh dan pikiran lebih tenang, anda tidak terbebani dengan sasaran yang akan anda capai, dan juga tidak stres.

2. Menikmati Proses
Apabila anda terburu-buru, maka anda akan terus berusaha dan hanya melihat sasaran saja. Karena setiap proses begitu berharga maka nikmatilah proses tersebut.

3. Menyimbangkan Tempo dengan Pemikiran
Bukan hanya diri anda saja yang terkena dampak jikalau tidak sabar, maka lingkunganpun juga akan terpengaruh . Dan juga sanggup mempunyai emosi yang stabil dan tidak gampang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar.

4. Hidup Damai
Ketidaksabaran akan menyebabkan kegelisahan, kebencian, dan permusuhan. Apabila anda sabar, maka akan mencicipi hidup lebih tenang lantaran setiap hal yang dilakukan akan mengalir dengan sendirinya

Contoh Sabar dan Cara Meneladaninya

Kita menemukan contoh terbaik tabah pada nabi yang menghadapi aneka macam kesulitan hidup, sementara mereka tetap tabah dan beriman kepada Allah swt. Hal ini menyerupai kesabaran Nabi Ayyub a.s., Nabi Ibrahim a.s., dan kesabaran Nabi Muhammad saw. Kesabaran yaitu kunci keberhasilan Nabi Muhammad saw. dalam menegakkan risalah Allah swt. Risalah yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw. tidak pribadi diterima oleh masyarakat sehingga dalam mendakwahkan pedoman Islam sangat hati-hati dan penuh kesabaran. Dakwah yang diutamakan yaitu kepada para sahabat dan keluarga terdekatnya terlebih dahulu.

Kafir Quraisy menentang Islam dan merintanginya secara mati-matian disebabkan :

  1. ajaran-ajarannya bertentangan dengan kepercayaan nenek moyang mereka;
  2. jika mendapatkan agama Islam, kedudukan mereka akan jatuh merosot;
  3. keuntungan dari perdagangan patung akan luput dari tangan mereka.

Kesabaran Nabi dalam berdakwah tersebut memberi nasihat di kemudian hari. Hal ini terbukti dengan keberhasilan Nabi dalam mengubah kehidupan bangsa Arab, dari kehidupan jahiliyah ke kehidupan yang penuh nilai-nilai Islami.
Jadi, sanggup dijelaskan buah dari kesabaran Nabi Muhammad saw. adalah:

  1. Orang Arab yang awalnya menyembah berhala, diganti dengan keimanan dan tauhid kepada Allah.
  2. Orang Arab yang semula bertabiat dan berwatak buruk, diganti dengan budi pekerti serta budpekerti yang mulia.
  3. Peraturan-peraturan yang semula merugikan masyarakat yang lemah berupa aturan rimba, diganti dengan aturan Allah swt..
  4. Manusia yang semula berpecah-belah, diganti dengan bersatunya umat insan tanpa membedakan warna kulit, warga negara, bahasa maupun derajat dan keturunan.

Firman Allah swt. ;
Artinya :
“Maka bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampun untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi” (Surah Al-Mu’minμn [40]:55)

Perilaku Sabar dalam Kehidupan Sehari-hari

Seseorang mustahil mempunyai kesabaran kecuali jikalau ia dibantu oleh cahaya iman.
Kesabaran mempunyai lima ciri sebagai berikut:

  1. ketika diagung-agungkan, ia kemudian dihina;
  2. ketika berlaku jujur, ia dituduh sebagai pembohong;
  3. ketika menyeru orang-orang menuju kebenaran, ia dicerca;
  4. ketika dilukai, ia tidak melaksanakan kejahatan apa pun;
  5. ketika ia menuntut haknya, mereka menentangnya.

Ali bin Abu Thalib berkata, “Hubungan tabah dengan dogma yaitu menyerupai hubungan kepala dengan badan. Jika kepala terpotong, tubuh akan binasa.

Dengan demikian, tidak ada dogma tanpa sabar.” Untuk sanggup bersabar, agama Islam mengajarkan sikap dalam kehidupan, antara lain :

  1. Tahan dikala menghadapi hantaman pertama. Nabi Muhammad saw. bersabda: yang artinya:“Sabar yang sesungguhnya ialah dikala menghadapi hantaman pertama”. (H.R. Bukhari)
  2. Ketika ditimpa musibah, segera mengingat Allah dan mohon ampunan Nya. Sebagaimana firman Allah swt. : yang artinya: “(Orang-orang yang tabah ialah) mereka yang dikala ditimpa musibah, berkata; sesungguhnya kami yaitu milik Allah dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Nya”. (Surah Al-Baqarah [2]:156)
  3. Tidak menampakkan musibahnya kepada orang lain, menyerupai yang dicontohkan oleh istri Abu Talkhah (Ummu Sulaim) dikala ditinggal mati anaknya. (H.R. Muslim)
  4. Sabar menghadapi semua cobaan dengan nrimo kepada Allah. Allah berfirman dalam hadis Qudsy: “Hambaku yang mukmin, yang bersabar dengan pasrah kepada-Ku dikala kekasihnyaAku panggilkembali(mati), kepadanya takada jawaban yang layakdari-Ku selain surga.“ Perhatikan hadis Nabi Muhammad saw. perihal keutamaan tabah yang artinya : “Kalaulah kesabaran itu berwujud seseorang lelaki, pasti ia akan menjadi orang mulia dan Allah menyukai orang-orang yang sabar. (H.R. AtTabrani). dalam hadis lain disebutkan : Sabar terhadap sesuatu yang engkau benci merupakan kebajikan yang besar (H.R. At-Turmuzi).

3 Macam Kesabaran

Di antara kasus yang dianjurkan dalam Islam yaitu sabar. Sabar secara bahasa artinya tertahan, sebagaimana perkataan Jabir

عَنْ جَابِرٍ قَالَ : نَهَى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُقْتَلَ شَيْءٌ مِنَ الدَّوَابِّ صَبْرًا

Dari Jabir ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang membunuh hewan dengan cara ditahan.”  (HR. Muslim)

Dalam hadits di atas terdapat kata صَبْرً yang menjadi akar kata dari sabar. Adapun secara istilah, tabah yaitu menahan diri dalam melaksanankan sesuatu dan menjauhi sesuatu. Sehingga definisi tabah akan tercakup dalam 3 macam kesabaran yang akan kita bahas pada poin berikut ini.

1. Sabar dalam melaksanakan taat kepada Allah
Sebagaimana yang Allah Ta’ala firmankan,

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا

“Dan perintahkanlah keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah dalam memerintahkannya.” (QS. Thaha: 132)

Dalam ayat di atas disebutkan perintah tabah dalam melaksanakan taat, yaitu seorang suami harus bersabar dalam memerintahkan istrinya untuk mengerjakan shalat. Memang menyerupai itulah kiprah seorang suami, ia harus bisa memimpin perahu rumah tangganya dan memerintahkan keluarganya untuk melaksanakan kebaikan.

Dalil lainnya adalah,

وَٱصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ ٱلَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُم بِٱلْغَدَوٰةِ وَٱلْعَشِىِّ يُرِيدُونَ وَجْهَه

“Dan bersabarlah kau terhadap orang-orang yang senantiasa berdoa kepada Rabbnya di waktu pagi dan sore hari dengan mengharap wajah-Nya.” (QS. Al-Kahfi: 28).

Ayat di atas yaitu perintah tabah terhadap orang-orang baik, yang senantiasa berdoa dan menyeru di jalan Allah. Karena yang namanya pertemanan, pasti akan dijumpai suatu hal yang tidak menyenangkan, oleh lantaran itu Allah perintahkan bersabar jikalau menjumpai suatu hal yang tidak menyenangkan dari saudaranya.

2. Sabar dalam menjauhi kemaksiatan
Hal inilah yang terjadi pada Nabi Yusuf ‘alaihis salam. Beliau diajak berzina oleh istri seorang al-‘aziz di kawasan yang sudah kondusif lagi tertutup rapat, sehingga mustahil ada orang yang tahu. Selain itu, istri al-‘aziz juga mempunyai kekuasaan dan kekuatan terhadap Yusuf, namun Yusuf bisa menghidari seruan berzina dari seorang perempuan yang cantik, padahal ia sendiri yaitu seorang cowok yang masih belia, sehingga sangat gampang untuk termakan melaksanakan zina.

Akan tetapi, Yusuf lebih memilik bersabar dalam menjahi kemaksiatan sehingga ia pun rela dipenjara. Sebagiamana yang Allah ceritakan dalam firman Nya

قَالَ رَبِّ ٱلسِّجْنُ أَحَبُّ إِلَىَّ مِمَّا يَدْعُونَنِىٓ إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّى كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُن مِّنَ ٱلْجَٰهِلِينَ

“Yusuf berkata: ‘Wahai Rabbku, penjara lebih saya sukai daripada memenuhi seruan mereka kepadaku. Dan jikalau Engkau tidak hindarkan saya dari budi kancil mereka, tentu saya akan cenderung untuk (memenuhi cita-cita mereka) dan tentulah saya termasuk orang-orang yang bodoh’.” (QS. Yusuf: 33).

3. Sabar dalam mendapatkan takdir Allah
Sabar jenis yang ketiga yaitu dalam mendapatkan takdir yang Allah berikan. Allah Ta’ala berfirman

فَٱصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ

“Maka bersabarlah kau untuk (melaksanakan) ketetapan Rabbmu.” (QS. Al-Insan: 24)

Takdir yaitu sebuah ketetapan Allah, dari takdir yang baik hingga takdir yang buruk, seorang muslim wajib menerimanya. Dia tidak boleh protes dengan takdir yang telah Allah menetapkan untuknya. Karena setiap takdir yang Allah tetapkan, pasti ada hikmahnya.

Namun seorang tidak boleh melaksanakan dosa dan maksiat dengan alasan takdir. Takdir yang telah Allah tetapkan, wajib seorang muslim untuk ridha kepadanya. Akan tetapi, perbuatan jelek yang dilakukan semisal dosa dan maksiat, kita dihentikan ridha. Patut dibedakan dalam 2 hal ini.

Ketika seorang muslim tertimpa takdir yang jelek semisal petaka sakit atau kematian, ingatlah bahwa para Rasul mempunyai cobaan yang jauh lebih berat dibanding kita semua. Oleh lantaran itu Allah perintahkan kita untuk menggandakan para Rasul dalam hal bersabar.

Allah Ta’ala berfirman

فَاصْبِرْ كَمَا صَبَرَ أُولُو الْعَزْمِ مِنَ الرُّسُلِ وَلا تَسْتَعْجِلْ لَهُمْ

“Maka bersabarlah engkau (Muhammad) sebagaimana kesabaran para rasul yang mempunyai keteguhan hati, dan janganlah engkau meminta supaya (adzab) disegerakan untuk mereka.” (QS. Al-Ahqaf: 35)

Demikianlah 3 macam kesabaran yang disebutkan dalam Al-Quran. Semuanya mempunyai tingkatan keutamaan yang berbeda tergantung masing-masing orang. Ada yang lebih utama bersabar dalam menjauhi maksiat, dikarenakan lebih sulit baginya dibandingan untuk melaksanakan taat. Ada pula yang lebih utama bersabar dalam takdir Allah, dikarenakan lebih sulit baginya dibandingkan untuk menjauhi maksiat.


Pencarian yang paling banyak dicari

  • kata mutiara sabar
  • arti tabah dalam cinta
  • sabar dan ikhlas
  • kata kata tabah menghadapi masalah
  • kata kata tabah dalam penantian
  • sabar dalam islam
  • hadist perihal sabar
  • sabar dan syukur

0 Response to "Pengertian, Jenis-Jenis, Manfaat Dan Pola Sabar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel