Pengertian, Istilah, Jenis-Jenis Dan Pola Potensi Secara Komplit

Ada beberapa pengertian dari kata potensi yang secara umum maupun yang merupakan pendapat dari para ahli. Arti dari kata potensi sendiri sangat gampang untuk anda temukan melalui Google maupun media search engine yang lain. Secara umum pengertian potensi yaitu sebuah kemampuan dasar yang dimiliki insan yang sangat mungkin untuk dikembangkan, sehingga pada pada dasarnya potensi sendiri berarti suatu kemampuan yang masih bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Pada insan sendiri sangat penting untuk memahami potensi diri sendiri, sehingga anda sanggup membuatkan kemampuan yang sempurna dan mendapat hasil yang lebih maksimal. Dengan membuatkan potensi diri anda akan menjadi lebih bermanfaat dan akan merasa lebih hidup apabila anda benar-benar memahami potensi diri dan mengembangkannya.

Ada beberapa pengertian dari kata potensi yang secara umum maupun yang merupakan pendapat  Pengertian, istilah, Jenis-jenis dan Contoh Potensi Secara Komplit
Pengertian, istilah, Jenis-jenis dan Contoh Potensi Secara Lengkap

Pengertian Potensi Menurut Para Ahli

Ada banyak sekali pakar yang mencoba mendeskripsikan arti kata dari potensi, salah satu pakar yang mencoba mendeskripsikan kata potensi yaitu Wiyono. Menurutnya potensi mempunyai arti kemampuan dasar dari seseorang yang masih terpendam dan menunggu untuk dimunculkan menjadi kekuatan yang nyata. Dari pendapat Wiyono tersebut potensi sanggup diartikan sebagai kemampuan yang masih terpendam dan siap untuk diwujudkan dan sanggup dimanfaatkan dalam kehidupan insan itu sendiri. Sementara berdasarkan Majdi potensi yaitu kemampuan yang masih bisa di kembangkan lebih baik lagi, secara sederhana potensi merupakan kemampuan terpendam yang masih perlu untuk dikembangkan

Ada beberapa pakar lain yang mencoba menjelaskan pengertian potensi dengan lebih baik, menyerupai contohnya Endra K Pihadhi yang menjelaskan bahwa potensi yaitu suatu energi ataupun kekuatan yang masih belum dipakai secara optimal. Dalam hal ini potensi diartikan sebagai kekuatan yang masih terpendam yang sanggup berupa kekuatan, minat, bakat, kecerdasan, dan lain-lain yang masih belum dipakai secara optimal, sehingga keuntungannya masih belum begitu terasa. Sedangkan Sri Habsari juga mencoba menjelaskan arti dari kata potensi, yang mana menurutnya potensi yaitu kemampuan maupun kekuatan pada diri yang sanggup ditingkatkan dan dikembangkan menjadi lebih baik dengan sarana dan prasarana yang sempurna dan baik.

Jenis Jenis atau Macam Macam Potensi

Potensi sendiri ada beberapa macam dan jenisnya, salah satu jenisnya yaitu potensi berpikir. Potensi berpikir sendiri dimiliki oleh semua insan di dunia, hal ini menciptakan insan dimungkinkan untuk mempelajari hal-hal gres dan juga menghasilkan ide-ide dan juga fatwa gres ataupun isu baru. Selain itu ada juga potensi fisik yang merupakan potensi yang dimiliki insan dalam sisi fisik yang biasanya sanggup melaksanakan gerakan yang efektif dan efisien. Orang yang mempunyai potensi fisik akan gampang mempelajari segala macam olahraga dan segala jenis permainan dalam olahraga menyerupai sepakbola, bulu tangkis, dan lain sebagainya.

Potensi yang dimiliki insan sendiri sanggup dikelompokkan menjadi lima jenis. Kelimanya masing-masing yaitu potensi fisik (psychomotoric), potensi mental intelektual (intellectual quotient), potensi mental spiritual (spiritual quotient), potensi sosial emosional (emotional quotient), dan potensi ketahanan mental (adversity quotient). Penjelasan dari kelima jenis potensi tersebut yaitu sebagai berikut.
  1. Potensi fisik (psychomotoric) yaitu potensi yang dimiliki insan dalam wujud organ fisik yang sanggup dipakai dan diberdayakan insan untuk memenuhi aneka macam kebutuhan hidup (dalam arti luas). Potensi fisik sanggup dikembangkan menjadi aneka macam keterampilan atau kecakapan gerak, menyerupai olahraga, menciptakan kerajinan tangan, melukis, bermain musik, dan menari.
  2. Potensi mental intelektual (intellectual quotient) yaitu potensi yang dimiliki insan dalam wujud kecerdasan otak (terutama pada otak sebelah kiri). Potensi mental intelektual sanggup dikembangkan menjadi kecakapan untuk menghitung, menganalisis, merencanakan, dan sebagainya.
  3. Potensi mental spiritual (spiritual quotient) ialah potensi yang dimiliki insan dalam bentuk kecerdasan untuk berbuat kearifan. Melalui potensi mental spiritual, insan sanggup menjadi langsung yang utuh secara intelektual, emosional, dan spiritual. Potensi ini bisa dikembangkan menjadi kecakapan religius yang menciptakan insan beriman, bertakwa, serta berbuat baik terhadap sesama dan lingkungan.
  4. Potensi sosial emosional (emotional quotient) yaitu potensi yang terdapat pada insan dalam bentuk kecerdasan otak (terutama pada otak sebelah kanan). Potensi inidapat dikembangkan menjadi kecakapan untuk mengendalikan emosi, motivasi, amarah, tanggung jawab, kesadaran diri, dan sebagainya.
  5. Potensi ketahanan mental (adversity quotient) yaitu potensi yang ada pada diri insan dalam wujud kecerdasan untuk melaksanakan atau menghadapi keadaan secara ulet, tangguh, dan berdaya juang tinggi. Potensi ini merupakan salah satu faktor penentu teraihnya prestasi dan sukses alasannya menyebabkan insan bisa menghadapi aneka macam kendala dan kesulitan dengan baik. Dengan potensi ini seseorang akan bisa mengubah aneka macam tantangan dan rintangan menjadi peluang.

Contoh Potensi Diri, Potensi Lingkungan, Kelebihan dan Kelemahan Diri serta Cita - Cita

Beberapa waktu yang kemudian aku mendapat kiprah dari “Pak Bambang” yang mengajar mata kuliah kewirausahaan di kampus saya. Saya serta teman – teman aku mendapat kiprah untuk mencari segala potensi diri, kekurangan diri, kelebihan diri, serta cita – cita. Nah, dibawah ini aku tuliskan sedikit wacana hal tersebut dalam diri saya, tentunya yang aku tulis ini berdasarkan pendapat teman saya,  kemudian aku sesuaikan dengan pendapat aku sendiri.

Potensi diri yang positif:
  • Percaya diri
  • Bisa bermain gitar
  • Saya mempunyai jiwa mandiri, tidak bergantung pada orang lain tetapi bukan berarti aku bisa hidup sendiri
  • Memiliki rasa kompetitif
  • Berambisi
  • Ketegasan
  • Kejujuran
Potensi diri yang negative:
  • Emotional
  • Talkactive, Namun, disamping itu aku sering menjadi Mc dalam suatu seminar yang diadakan oleh salah satu Ukm yang aku ikuti.
  • Memiliki bunyi keras tetapi aku dipilih menjadi coordinator lapangan dalam Social Training Camp tahun 2014
Potensi Lingkungan
  • Memanfaatkan botol plastic bekas untuk dijadikan handicraft, menyerupai : Membuat bunga dari botol plastic dan gantungan kunci
  • Memanfaatkan lahan kosong dibelakang rumah untuk ditanami buah tomat dan juga cabe, balasannya bisa dijual dipasar dan sebagian sanggup dimanfaatkan untuk materi memasak menyerupai menciptakan sambal
  • Memanfaatkan flora bambu untuk dijadikan alat music, menyerupai angklung dan juga seruling bambu
  • Bisnis menjual pulsa elektrik, alasannya counter dari  kampung aku sangat jauh letaknya jadi bisnis menjual pulsa ini sangat menjanjikan
  • Membuka toko yang menjual segala obat dan pupuk pertanian, alasannya dilingkungan aku dominan penduduknya bekerja sebagai petani
Kekurangan dan kelebihan diri.
Kekurangan diri saya:
  • Saya sering deg – degan bila akan melaksanakan segala sesuatu
  • Saya ini bukan orang yang multitasking
  • Saya tidak suka humor
  • Lambat dalam menulis namun disisi lain aku ingin apapun yang aku kerjakan itu manis output nya
  • Saya juga gampang tersinggung, namun disisi yang lain aku sangat eka terhadap perasaan orang lain
  • Saya terlalu mementingkan orang lain daripada diri aku sendiri
  • Saya tidak tega bila melihat orang lain kesusahan walaupun orang lain tersebut yaitu orang yang paling aku benci!!!
  • Terlalu perfeksionis
  • Sebenarnya aku ini talkactive orangnya namun alasannya ada suatu duduk kasus yang aku hadapi aku menjadi pendiam
  • Dalam tes psikologi yang telah aku ikuti, aku cenderung ke social service padahal hasil tes teman – teman aku ada yang menjadi polisi, TNI, guru sedangkan saya???
Kelebihan diri saya:
  • Saya teliti dalam melaksanakan segala sesuatu  menyerupai mengerjakan tugas
  • Saya pemaaf orangnya namun saya  selalu ingat apa yang sudah orang lain perbuat terhadap saya
  • Saya mempunyai jiwa social yang tinggi terhadap orang lain
  • Saya sangat menghargai orang lain
  • Saya selalu mempertimbangkan segala sesuatu itu jauh kedepan
  • Saya sangat peka dan bisa memahami perasaan orang lain
  • Saya bisa memecahkan duduk kasus orang lain dengan baik dan sempurna namun terkadang untuk memecahkan duduk kasus yang aku hadapi sendiri itu sedikit susah
  • Saya ini tipe orang yang tidak gampang frustasi serta tidak mau menyerah dalam persaingan
  • Sebagai seorang wanita, aku bukan lah tipe orang yang gampang menangis namun bukan berarti aku tidak bisa menangis
  • Saya merupakan seorang perempuan yang besar lengan berkuasa dan berdikari dalam artian bila sekiranya aku bisa melaksanakan sesuatu itu sendiri maka aku tidak  pernah minta derma orang lain
Cita – Cita
  • Saya ingin cepat lulus kuliah 3,5-4 tahun
  • Saya ingin menjadi lecturer di University Sains Malaysia, di kampus utama yang berada di Penang, Malaysia
  • Setelah lulus aku ingin menjadi writer di Google dan bisa pay out dari google adsense setiap bulannya dan ini merupakan dambaan bagi setiap publisher google
  • Saya ingin membuka boutique tapi khusus untuk baju anak – anak, penjualan berupa offline &online
  • Saya ingin membuka counter di kampung saya
  • Saya ingin berbakti kepada kedua orang bau tanah aku dengan cara membesarkan perjuangan orang bau tanah aku yakni perjuangan pembuatan makanan ringan.


Pencarian yang paling banyak dicari
  • pengertian potensi berdasarkan para ahli
  • potensi diri adalah
  • jenis jenis potensi
  • contoh potensi
  • macam macam potensi
  • pengertian potensi ekonomi
  • perbedaan potensi dan peluang
  • pengertian potensi diri berdasarkan para ahli

0 Response to "Pengertian, Istilah, Jenis-Jenis Dan Pola Potensi Secara Komplit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel