Pengertian, Istilah, Fungsi, Ternyadinya Nkri Dan Tujuannya

Sebagai warga negara Indonesia yang mempunyai jiwa nasionalisme, kita harus mempunyai kesadaran dan semangat cinta tanah air, semangat dan cinta tanah air dibuktikan dengan pemahaman kita mengenai NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia.



Setidaknya, kita sebagai WNI yang baik, harus mengetahui Pengertian NKRI. Sebagai pengingat betapa berjuangnya para pejuang Indonesia dalam membentuk NKRI, berikut ini yaitu kronoligis singkat mengenai terbentuknya NKRI:

  1. Terbentuklah BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) oleh pemerintah Jepang pada tanggal 29 April 1945 yang beranggotakan 63 orang.
  2. BPUPUK berganti nama menjadi PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) pada tanggal 7 Agustus 1945.
  3. Sutan Syahrir mendengar lewat radio bahwa Jepang telah mengalah pada sekutu, hal itu menjadi pemicu para pejuang Indonesia mempersiapkan kemerdekaannya. Para cowok mendesak kemerdekaan Indonesia dikala Soekarno pulang dari Dalat tanggal 10 Agustus 1945.
  4. Pada tanggal 16 Agustus 1945 para cowok membawa Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok untuk mendesak mereka semoga segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Akhirnya teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik pada dini hari.
  5. Pada tanggal 17 Agustus 1945, pagi hari di Jl. Pegangsaan Timur No. 56, Teks proklamasi dibacakan oleh Soekarno yang tertanda tangan atas nama Soekarno-Hatta tepatnya pada pukul 10:00 WIB dan dikibarkanlah Bendera Merah Putih yang dijahit oleh Fatmawati.
  6. PPKI selaku panitia persiapan kemerdekaan Indonesia mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945 dan terbentuklah NKRI dengan Ir. Soekarno dan Moh. Hatta sebagai Presiden dan Wapres Republik Indonesia pada tanggal 18 Agustu 1945.

Pengertian NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) itu sendiri mempunyai banyak arti, baik pengertian berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 dan pengertian secara umum. NKRI tersendiri tertera dalam pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Dasar 1945 yang berbunyi “Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan yang berbentuk Republik” Adapun dalam pasal 18 ayat 1 Undang-Undang Dasar 1945 menyatakan bahwa “Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi atas daerah-daerah provinsi dan kawasan provinsi itu dibagi atas kabupaten dan kota, yang tiap-tiap provinsi, kabupaten, dan kota itu mempunyai pemerintahan daerah, yang diatur dengan undang-undang”. Sebagaimana dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 18 ayat 1, bahwa NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu negara kesatuan yang berbentuk republik dimana pemerin tah kawasan sanggup menjalankan otonomi seluas-luasnya yang ditentukan oleh Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 1, 2, 3, 4, dan 5.

Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945, kita sanggup menarik kesimpulan bahwa Pengertian NKRI itu sendiri secara umum yaitu suatu negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau, diapit oleh dua samudera dan dua benua, terdiri dari ratusan juta penduduk, beriklim tropis, rnemiliki dua musim, yaitu ekspresi dominan hujan dan ekspresi dominan kemarau, tentunya keragaman pulau dan penduduk ini menyebabkan keanekaragaman budaya dan moral istiadat yang berlainan, berdaulat, adil, makmur, dan tercemin dalam satu ikatan yaitu Bhinneka Tunggal Ika.

Selain harus memahami Pengertian NKRI, kita juga sebagai WNI yang baik harus mengetahui tujuan NKRI, adapun tujuan NKRI yang tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melakukan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Adapun fungsi negara berdasarkan Miriam Budiardjo diantaranya yaitu melakukan penertiban untuk mencapai tujuan Bersama dan mencegah bentrokan masyarakat, mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, sebagai pertahanan untuk menjaga serangan dari luar, dan menegakkan keadilan melalui badan-badan pengadilan.

Tujuan NKRI Menurut Undang-Undang Dasar 1945 

Pada umumnya, setiap negara mempunyai tujuan negara yang sama, yaitu tujuan bangsa itu sendiri dalam hidup bernegara. Bagaimana dengan tujuan NKRI? Tujuan NKRI terdapat dalam konstitusi atau dasar aturan negara yaitu Undang-Undang Dasar 1945.
Pengertian dan Tujuan NKRI Menurut Undang-Undang Dasar 1945

Dalam alinea pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, NKRI bertujuan untuk mewujudkan negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Selanjutnya, rumusan wacana tujuan NKRI dijabarkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alinea IV. Tujuan NKRI yaitu :

  1. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia,
  2. memajukan kesejahteraan umum,
  3. mencerdaskan kehidupan bangsa, serta
  4. ikut melakukan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian awet dan keadilan sosial.

Terjadinya NKRI berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945

Selain pengertian dan tujuan NKRI berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945, hal lain yang perlukita ketahui yaitu wacana terjadinya NKRI. Ada dua metode dalam memandang proses terjadinya NKRI, yaitu secara teoritis dan secara empiris.

A. Terjadinya NKRI secara teoritis (UUD 1945)
Terjadinya NKRI secara teoritis yaitu terjadinya NKRI melalui proses atau rangkaian tahap-tahap yang berkesinambungan. Rangkaian tahap terjadinya NKRI digambarkan dalam keempat alinea dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

  1. Terjadinya negara tidak sekadar ditandai lewat proklamasi, namun juga perlu adanya akreditasi akan hak setiap bangsa untuk memerdekakan dirinya. Bangsa Indonesia mempunyai tekad berpengaruh untuk menghapus segala bentuk penjajahan dan penindasan suatu bangsa atas bangsa lain. Inilah sebagai sumber motivasi usaha (Alinea I Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945).
  2. Adanya usaha bangsa Indonesia melawan penjajahan. Dengan demikian, adanya proklamasi bukan berarti kita telah selesai dalam bernegara namun awal dalam proses bernegara. Negara yang kita cita-citakan yaitu menuju pada keadaan merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur (Alinea II Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945).
  3. Terjadinya negara Indonesia yaitu kehendak bersama seluruh bangsa Indonesia dan sebagai suatu keinginan luhur bersama. Di samping itu, terjadinya negara Indonesia juga kehendak dan atas rahmat Allah Yang Maha Kuasa. Hal ini mengambarkan bahwa bangsa Indonesia yaitu bangsa yang religius dan mengakui adanya motivasi spiritual (Alinea III Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945).
  4. Negara Indonesia perlu menyusun alat-alat kelengkapan negara yang mencakup tujuan negara, bentuk negara, sistem pemerintahan negara, UUD, dan dasar negara. Dengan demikian, makin sempurnalah proses terjadinya negara Indonesia (Alinea IV Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945).


B. Terjadinya NKRI secara empiris
Berbeda dengan pandangan terjadinya NKRI secara teoritis yang memakai Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar. Dalam pandangan empiris, terjadinya NKRI melalui proses usaha atau revolusi, yaitu usaha seluruh bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan dan berhasil memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Perjuangan tersebut sangat membanggakan alasannya berkat proteksi rakyat Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Fungsi negara


  1. Menegakkan keadilan melaui lembaga-lembaga peradilan yang sesuai dengan undang-undang.
  2. Mengusahakan kemakmuran, kesejahteraan, serta keadilan bagi rakyatnya.
  3. Melaksanakan penertiban untuk mencapai tujuan bersama dan mencegah hal-hal jelek dalam masyarakat. Dalam perkara ini negara berperan sebagai stabilisator, yakni pihak yang menstabilkan keadaan di masyarakat.
  4. Mempertahankan tegaknya kedaulatan negara serta mengantisipasi kemungkinan adanya serangan yang sanggup mengancam kelangsungan hidup negara.

Tujuan negara:


  1. Untuk mencapai kesejahteraan umum
  2. Untuk melakukan ketertiban umum
  3. Untuk memperluas kekuasaan.

Tujuan negara berdasarkan Ahli:

Tujuan Negara Menurut fatwa Plato
Tujuan Negara Yaitu mewujudkan kesusilaan insan sebagai makhluk sosial dan individu.

Tujuan Negara Menurut Rousseau
Tujuan negara ialah membuat persamaan dan kebebasan bagi warga negaranya.

Tujuan Negara Menurut Roger H. Soltau
Tujuan Negara Yaitu memungkinkan rakyatnya berkembang dan berbagi daya ciptanya sebebas mungkin.

Tujuan Negara Menurut Shan Yang dan Machiavelli
Negara Bertujuan untuk memperluas kekuasaan sehingga rakyat wajib mau berkorban untuk kejayaan negara.

Tujuan Negara Menurut Harold J. Laski
Negara mempunyai tujuan untuk membuat keadaan yang baik semoga rakyatnya sanggup mencapai keinginan secara maksimal.

Tujuan Negara Menurut fatwa Negara Hukum
Tujuan Negara ialah menyelenggarakan ketertiban aturan yang berlaku di negara tersebut.

Tujuan Negara Menurut fatwa Teokratis
Tujuan Negara yaitu mencapai hidup yang tenteram dan kondusif dengan taat kepada Tuhan YME.

Tujuan Negara Menurut fatwa Negara Polis
Tujuan Negara yaitu mengatur ketertiban serta keamanan di dalam negara.

Tujuan Negara Menurut Agustinus dan Thomas Aquinas
Tujuan Negara ialah mencapai kehidupan dan penghidupan yang kondusif dan tentram dengan taat dan dibawah pimpinan Tuhan YME.

Tujuan Negara Menurut fatwa Negara Kesejahteraan
Tujuan Negara ialah mewujudkan kesejahteraan umum.

Tujuan NKRI


  1. Tujuan nasional Negara Indonesia sesuai dengan yang tertulis di pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yaitu:
  2. Memajukan kesejahteraan umum.
  3. Ikut melakukan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian awet dan keadilan sosial.
  4. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
  5. Mencerdaskan kehidupan bangsa.


Fungsi NKRI

Berdasarkan tujuan  nasional Negara Indonesia, maka fungsi NKRI sanggup disimpulkan sebagai berikut:

  1. Fungsi membentuk kelembagaan Negara
  2. Fungsi membuat UUD
  3. Fungsi memilih anggaran pendapatan dan belanja negara
  4. Fungsi membuat undang-undang dan peraturan-peraturan umum
  5. Fungsi investigasi pertanggungjawaban keuangan negara
  6. Fungsi pertimbangan
  7. Fungsi pemerintahan menyelenggarakan kemakmuran
  8. Fungsi kehakiman
  9. Fungsi perencanaan (kegiatan pembangunan Negara).



Pencarian yang paling banyak dicari

  • pengertian nkri wikipedia
  • pengertian nkri berdasarkan para ahli
  • materi nkri
  • fungsi nkri
  • makna nkri
  • makalah nkri
  • pengertian nkri brainly
  • sejarah nkri

0 Response to "Pengertian, Istilah, Fungsi, Ternyadinya Nkri Dan Tujuannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel