Download Silabus dan RPP IPA Kelas 7 Semester 1 KTSP

Download Silabus dan RPP IPA Kelas 7 Semester 1 KTSP

Amongguru.com. Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan administrasi mengajar yang harus dibuat guru untuk pedoman dalam menyelenggarakan pembelajaran di kelas.

Guru diwajibkan untuk memiliki kedua perangkat pembelajaran tersebut sebagai acuan untuk pembelajaran, selain administrasi mengajar yang lain.

Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran tertentu. Isi silabus mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.

Sedangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dibuat untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.

Berikut admin bagikan Perangkat Pembelajaran IPA Kelas VII (tujuh) semester 1 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mencakup Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), serta Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.

Bapak/Ibu Guru IPA dapat melakukan pengembangan sendiri terhadap perangkat pembelajaran ini sesuai dengan kondisi yang Bapak/Ibu Guru inginkan.

Di bawah ini jabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII dalam pelajaran IPA semester 1 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

No.

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Alokasi Waktu

1.

Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan 1.1    Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya

4 jp

1.2    Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya

4 jp

1.3    Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari

4 jp

2

Memahami klasifikasi zat

 

2.1    Mengindentifikasikan sifat asam, basa, garam dengan menggunakan Indikator Pencapaian Kompetensi yang sesuai

4 jp

2.2    Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa, dan garam

4 jp

2.3    Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan

4 jp

2.4    Membandingkan sizat unsur, senyawa, dan campuran 2 jp

3

Memahami wujud zat dan perubahannya

 

3.1    Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

4 jp

3.2    Melakukan percobaan yang berkaitan denan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari

4 jp

3.3    Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

4 jp

3.4    Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat

2 jp

4.

Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia 4.1    Melakukan pemisahan campuran dengan berbagi cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia

4 jp

4.2    Menyimpulkan perubahan  fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana

2 jp

4.3    Mengindentifikasi terjadinya reaksi kimia melalui percobaan sederhana

4 jp

Bagi Bapak/Ibu IPA yang masih menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan  (KTSP) dalam pembelajaran dapat download Silabus dan RPP IPA kelas 7 semester 1 KTSP pada tautan berikut.
Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Silabus dan RPP IPA Kelas 7 Semester 1 KTSP. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Download Silabus dan RPP IPA Kelas 7 Semester 1 KTSP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel