Hujan Meteor Akan Mewarnai Langit pada Dini Hari Nanti

Amongguru.comHujan Meteor Akan Mewarnai Langit pada Dini Hari Nanti.

Hujan meteor akan mengiasi langit pada tanggal 3 Januari 2018 dini hari nanti. Meteor Quadrantids, demikian namanya, merupakan meteor utara yang biasa terlihat pada bulan Januari.

Hujan meteor Quadrantis ini nantinya dapat dilihat dan dinikmati dengan mata telanjang di langit Indonesia.

Hujan meteor tersebut akan terlihat mulai pukul dua dini hari sampai dengan sekitar subuh waktu setempat.

Hujan meteor merupakan adalah debu-debu sisa komet yang berpapasan dengan Bumi. Ketika debu-debu itu memasuki atmosfer Bumi pada ketinggian 70-100 km, debu-debu tersebut terbakar lalu habis.

Proses ini menimbulkan sebuah fenomena pijaran api dan cahaya dari kejauhan yang biasa kita sebut dengan fenomena bintang jatuh.

Hujan Meteor Akan Mewarnai Langit pada Dini Hari Nanti Hujan Meteor Akan Mewarnai Langit pada Dini Hari Nanti
Hujan Meteor Akan Mewarnai Langit pada Dini Hari Nanti

Kebanyakan meteor tersebut akan terbakar habis dan menguap sepenuhnya sehingga tidak mencapai permukaan bumi. Akan tetapi beberapa meteor ada yang tidak habis terbakar dan menyentuh permukaan bumi. Meteor yang menyentuh permukaan bumi ini disebut meteorit.

Apabila cuacanya cerah dan tidak terganggu oleh polusi cahaya, maka hujan meteor ini akan tampak jelas terlihat. Hujan meteor dapat langsung dilihat dengan mata telanjang dari arah timur laut. Waktu yang paling pas untuk melihat hujan meteor ini adalah antara pukul dua dini hari sampai pukul lima pagi waktu setempat.

Melihat meteor memang sebaiknya menggunakan mata telanjang karena medan pandangnya menjadi lebih luas. Hujan meteor ini akan tampak seperti bintang yang bergerak dengan cepat, kemudian menghilang.

Quadrantids memang tidak sepopuler hujan meteor lainnya, seperti Geminids atau Orionids. Quadrantids kalah terang jika dibandingkan dengan kedua metero tersebut. Quadrantids mudah dilewatkan oleh pengamat langit meski mereka bisa muncul dalam bentuk bola api dengan ekor yang sangat besar dan jelas di langit.

Menurut Hubble Space Telescope milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), diperkirakan 10 sampai dengan 40 meteor Quadrantids 2018 akan terlihat di langit tiap satu jam. Jumlahnya akan semakin menurun begitu mendekati fajar atau subuh.

Oleh karena itu jangan sampai Anda melewatkan turunnya hujan meteor Quadrantids ini jika cuaca nantinya memang mendukung.

Demikian ulasan mengenai Hujan Meteor Akan Mewarnai Langit pada Dini Hari Nanti. Semoga bermanfaat.

 

0 Response to "Hujan Meteor Akan Mewarnai Langit pada Dini Hari Nanti"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel