Fakta Unik dan Mengejutkan tentang Ular Derik untuk Anda Ketahui

Fakta Unik dan Mengejutkan tentang Ular Derik untuk Anda Ketahui

Amongguru.com. Ular derik (rattlesnake) merupakan kelompok ular berbisa dari anak suku Crotalinae.

Ciri khas ular derik adalah ekornya yang terdiri dari segmen-segmen yang bisa menimbulkan suara yang keras bila digetarkan. Ular derik terdiri atas dua genus, yaitu Crotalus sp. dan Sistrurus sp.

Ular derik terkenal karena menjadi salah satu reptil yang paling mematikan di dunia. Ular derik banyak ditemukan di Amerika Utara dan Selatan. Eastern Diamondback adalah ular derik yang paling berbisa diantara ular derik lainnya.

Selain memiliki karakteristik ekor yang bersegmen dan bersuara keras jika digetarkan, ternyata ular derik masih mempunyai beberapa fakta unik lainnya yang menarik untuk dipelajari.

Berikut fakta unik dan mengejutkan tentang ular derik untuk Anda ketahui yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

Fakta Unik dan Mengejutkan tentang Ular Derik untuk Anda Ketahui Fakta Unik dan Mengejutkan tentang Ular Derik untuk Anda Ketahui

Fakta 1

Ular derik memiliki kecepatan tinggi dalam bergerak dan melumpuhkan mangsa. Ular derik mampu  bergerak cepat dengan cara mengencangkan dan mengendurkan otot seluruh tubuhnya.

Ular derik juga bergerak menyamping sebagai bentuk gerakan khusus untuk dapat bergerak cepat dan menghemat energi.

Fakta 2

Ekor ular derik tersusun dari zat tanduk kokoh berongga dam berupa ruas-ruas, sehingga dapat menimbulkan suara keras apabila digetarkan.

Fakta 3

Seekor ular derik membutuhkan waktu satu bukan bulan untuk mengumpulkan kembali bisanya, setelah ular menggunakan bisanya tersebut.

Fakta 4

Racun ular derik dapat membunuh mangsanya hanya dalam waktu 15 menit.

Fakta 5

Lebih dari 70 persen ular berbisa terdapat di benua Australia, termasuk ular derik.

Fakta 6

Ular derik memiliki sekitar 200 gigi yang tidak bisa digunakan untuk mengunyah, karena semua menghadap ke belakang, tetapi dapat menggigit dan memegang mangsanya.

Fakta 7

Jantung ular derik dapat bergeser satu hingga setengah kali di posisi normalnya untuk melancarkan proses menelan mangsa. Hal ini terjadi karena mobilitas kantung very cardinal yang mengelilingi jantungnya.

Fakta 8

Ular derik seperti halnya jenis ular yang lain, memiliki rahang bawah yang dapat dilepas agar mulutnya terbuka lebar untuk menelan mangsa yang bahkan lebih lebar daripada diameter mulut ular itu sendiri.

Fakta 9

Ular derik tidak memiliki kelopak mata, akan tetapi memiliki selaput transparan yang berfungsi untuk melindungi matanya.

Fakta 10

Ular derik masih mampu menggigit hingga satu jam setelah ular itu dipenggal atau ditembak. Para ilmuwan meyakini bahwa refleks yang terjadi pada ular yang telah dinyatakan mati ini kemungkinan dipicu oleh sensor Inframerah yang masih aktif pada ular tersebut.

Fakta 11

Ular derik lebih memanfaatkan kemampuan hidung dan lidahnya untuk mendeteksi keadaan sekitar, karena ular tidak memiliki kemampuan melihat dan mendengar.

Ular akan mendeteksi objek melalui perbedaan suhu tubuh objek. Lidah ular dilengkapi molekul-molekul udara sekitarnya untuk mendeteksi zat kimia, sehingga ular akan selalu menjulurkan lidah.

Baca juga :

Demikian ulasan mengenai Fakta Unik dan Mengejutkan tentang Ular Derik untuk Anda Ketahui. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Fakta Unik dan Mengejutkan tentang Ular Derik untuk Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel