Kumpulan Rujukan Pembiasaan Tingkah Laris Binatang Dan Tumbuhan

Contoh Adaptasi Tingkah Laku Hewan Dan Tumbuhan Kumpulan Contoh Adaptasi Tingkah Laku Hewan Dan Tumbuhan


 A. ADAPTASI TINGKAH LAKU PADA HEWAN
1. AUTOTOMI yang dimiliki CICAK
Autotomi yaitu suatu kemampuan yang dimilikiki oleh cicak untuk memutuskan bab tubuhnya. Cicak memutuskan ekornya ketika keadaan terancam menyerupai ketika menghadapi pemangsa atau binatang yang mengganggunya. Saat ekor cicak diputuskan, maka fungsinya dalah mengeceoh pemangsanya biar mengejar ekornya yang putus. Sehingga cicak terhindar dari pemangsa yang mengejarnya.
2. MIMIKRI Yang dimiliki BUNGLON
Mimikri yaitu kemampuan yang dimiliki oleh bunglon dengan bisa merubah kulitnya sesuai dengan tempat yang dihinggapinya. Kemampuan ini bertujuan untuk melindungi diri dari pemangsa, alasannya pemangsa akan terkecoh dengan warnanya yang sama dengan tempat beliau berada.
3. EKOLOKASI - Kelelawar
Ekolokasi yaitu kemampuan yag dimiliki oleh kelelawar untuk mengenali lokasi atau posisi dengan memakai indra pendengarannya. Kelelawar mempunyai telinga sonar atau frekuensi telinga di atas 20.000hz. Kemampuan ini sangat membantu kelelawar untuk terbang. Walaupun kelelawar tidak mempunyai penglihatan yang baik.
4. HIBERNASI
Hibernasi yaitu kemampuan tidur panjang, hal ini dilakukan binatang untuk menghemat energi dengan cara menurunkan metabolisme tubuh. Hibernasi dilakukan ketika demam isu dingin, alasannya ketika demam isu masbodoh kondisi lingkungan terasa sulit bagi hewan-hewan. Hewan-hewan yang akan hibernasi sebelumnya makan banyak untuk menyambut demam isu masbodoh datang. Sementara itu kebalikan dari hibernasi ialah ektivasi yaitu tidur panjang ketika demam isu panas yang terjadi pada kelompok binatang yang hidup di kawasan kering.

( Lihat juga : 13 Ciri Khusus Tumbuhan )

B. ADAPTASI TINGKAH LAKU PADA TUMBUHAN
1. PUTRI MALU
Adaptasi sikap yang dilakukan oleh putri aib ialah mengatupkan daunnya ketika disentuh. Rangsang sentuhan yang diterima oleh putri aib ini akan segera ditanggapi dengan menutupkan daunnya. Hal ini dilakukan untuk melindungi dirinya sebagai bentuk pertahanan diri.
2. JATI, MahoNI, RandU

Saat demam isu panas datang, tumbuhan tersebut akan menggugurkan sebagian besar daunnya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penguapan sehinga menghemat air ketika demam isu kemarau. 

0 Response to "Kumpulan Rujukan Pembiasaan Tingkah Laris Binatang Dan Tumbuhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel