5 Masakan Khas Terlezat Kota Bengkulu


Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak suku dan bangsa, tentunya memilki masakan yang beragam. Setiap kita berkunjung ke suatu tempat kita selalu wisata masakan bukan? Hal ini dilakukan untuk mengisi perut yang kosong.  Setiap tempat yang kita kunjungi  mempunyai ciri khas sendiri dalam masakan yang disuguhi. Begitu juga daerah  Bengkulu memilki kuliar khas yang sangat sayang jikalau tidak dicicipi.
Baiklah disini bukan.info akan membagikan informasi perihal 5 masakan terlezat yang ada di kota Bengkulu. Pada ingin tau yuk simak informasinya :

1.    Gulai Tempoyak

image source : fisika-sumsel.blogspot.com

Kata Tempoyak tentunya sangat aneh bagi  orang Jawa, tempoyak apa  sih? Beda halnya dengan orang Sumatra apalagi Bengkulu yang sangat mengenal maskan enak ini. Tempoyak menjadi masakan khas yang sangat diminati disana. Tempoyak bukanlah masakan asli  Bengkulu akan tetapi, alasannya sudah usang ada di Bengkulu dan sudah mentradisi maka gulai tempoyak menjadi masakan khas kota ini.

Tempoyak sendiri berasal dari buah durian yang difermentasi, rasa asem, asin, dan hangatnya menciptakan semua orang yang memakannya ketagihan. Gulai tempoyak biasanya akan disajikan dengan ikan untuk memperlezat rasa, dapat bewarna merah jikalau dikasih cabai dan  dapat juga disajikan kuning jikalau dikasih kunyit, atapun bewarna putih biasa sesaui dengan selera masing-masing. 


2.    Gulai Rebung Asam 

image source : www.menuresepmasakan.com

Rebung merupakan sebutan untuk batang pohon tebu yang masih muda. Rebung ini akan dierendam selama berhari – hari sampai mencapai tingkat keasaman yang diinginkan. Masakan rebung sangat enak alasannya bumbu yang banyak terdiri dari cabe, srei, laos, santan, yang siap berpadu melumuri ekspresi dikala dimakan. Untuk menambah kelezatannya rebung asam bisanya  ditemani dengan ikan atupun liling (liling merupakan siput sawah bewarna hitam).   Keunikan dari masakan ini yaitu dikala memakan rebung kita akan memakan liling yang harus dikeluarkan telebih dahulu dengan cangkang hitamnya, tentunya harus mempunyai teknik tersendiri untuk mengeluarkannya. Mau mencoba yuk tiba ke Bengkulu.

3.    Lema 

image source : holobis.net

Lema sama halnya dengan rebung asam yang berasal dari pohon bambu muda  bewarna putih. Hal  yang berbeda disini, jikalau rebung asam bentuknya panjang – panjang, jikalau lema disini berbentuk dadu kecil -  kecil. Pengolahnnya juga harus direndam dengan air dan ikan alias difermentasi secara tradisional. Alhasil sehabis beberapa hari difermentasi akan menghalsilkan lema dengan tingkat keasaman, aroma dan hangat yang sangat khas. Banyak orang yang menyukainnya bahkan ketagihan.

Lema sendiri berasal dari  derah Rejang Lebong, yang kemudian menjadi sangat populer disemua tempat Bengkulu.  Setiap ada hajatan, program keluarga, maupun lauk pauk dirumah lema menjadi sahabat yang sangat hangat untuk dimakan sebagai lauk. Tentunya akan menambah nafsu makan orang yang menyantapnya. Tapi ingat jikalau menyantap masakan ini, harus siap – siap menahan pedas yang dikeluarkan. 


4.    Lepek Binti

image source : www.sajiansedap.com

Lepek ??? apa ya pada galau tentunyaa dengan kata  -  kata Bengkulu yang sangat asing. Lepek merupakan sejenis masakan ringan manis yang terbuat dari tepung ketan yang didalamnya di isi dengan campuran daging sapi yang sudah diberi rempah – rempah. Yang menciptakan enak lepek binti yaitu rempah – rempah yang terkandung  didalamnya  menciptakan ekspresi ingin terus mengunyahnya.

Lepek binti sering disajikan dikala program – program hajatan dan perayaan keagamaan.  Lepek ini sangat enak disantap ditemani dengan teh hangat atau kopi. Untuk yang berpergian jauh lepek binti juga dapat dibawak  sebagai bekal dalam perjalanan. Kerena lepek binti akan menggantikan  nasi, rasa kenyangnya yang akan menciptakan perut kita selalu terisi.


5.    Kue Tat

image source : sizukha96.wordpress.com

Kue tat merupakan masakan ringan manis yang beselimutkan selei nanas dan berbentuk segi empat.  ketika kita memakan  masakan ringan manis ini selei nanas akan lumer didalam ekspresi dicampur dengan adonan  masakan ringan manis yang sangat lembut. Kue ini merupakan masakan ringan manis yang sangat populer di Bengkulu, tentunya semua orang tau dengan  masakan ringan manis ini.  Jika ke Bengkulu belum merasakan masakan ringan manis ini rasanya ada yang beda.

Itulah  masakan khas terlezat asal Bengkulu,  bagi anda yang sering masakan keluar tempat dan singgah ke kota Bengkulu  jangan lewatkan untuk wisata masakan masakan diatas. Terima kasih atas kunjungannya di bukan.info terus update informasimu disini.  Untuk menambah informasi baca juga tempat wisata menarik di Bengkulu yang tentunya sangat bagus dan sayang jikalau dilewatkan. 






0 Response to "5 Masakan Khas Terlezat Kota Bengkulu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel