Detik-Detik Ujian Hafalan - Bukan.Info

Ujian hafalan Al-Qur'an yaitu moment-moment paling menegangkan di antara ujian hidup yang lain. Bisa dikatakan, inilah yang paling tersulit yang harus dilampaui oleh para penghafal Al-Qur'an. Tak ada yang bisa dilakukan lagi kecuali banyak-banyak muroja'ah (mengulang hafalan) dan terus mengulangnya hingga lancar diluar kepala.

Detik-detik ujian pun semakin dekat. Persiapan pun sudah dilakukan. Sejak H-30 mungkin, atau jauh-jauh hari yang lalu. Tetap saja yang namanya insan ada keluhan. Entah belum lancar lah, belum siap lah atau keluhan-keluhan lainnya. Tetap saja yang namanya ujian harus dilalui. Apalagi kalau moment itu sudah diagendakan dari pusat. Hmm...

moment paling menegangkan di antara ujian hidup yang lain Detik-Detik Ujian Hafalan - Bukan.info
sumber: nonosoft.jifisa.net

Itulah sekilas ihwal ujian hafalan. Sedikit banyak, selalu ada pesan tersirat yang sanggup dipetik dari sini. 
Perjuangan dalam menghafal Al-Qur'an itu sangatlah berat. Tak hanya untuk melancarkan bacaannya secara lughawi, tetapi juga makna yang terkandung dalam kalam-Nya. Bagaimana seorang haamilul Qur'an mampu mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran dalam kehidupan sehari-harinya. Tanggungan yang dipikul pun sangatlah berat.

"Nglancarin bacaannya aja susah, apalagi mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari"

Betul memang. Tak sedikit yang bilang menyerupai itu. Ujian bukanlah sesuatu yang dihindari, tetapi harus dihadapi dan niscaya akan dilalui. Entah bagaimana karenanya dan menyerupai apapun nanti, perjuangan yaitu satu-satunya jalan untuk melampauinya atas idzin-Nya. Lalu apa yang harus dilakukan? Yah, lagi-lagi jawabannya tetap sama, "banyak-banyaklah mengulang bacaan (muroja'ah)!"

moment paling menegangkan di antara ujian hidup yang lain Detik-Detik Ujian Hafalan - Bukan.info
sumber rizkafitri.wordpress.com

Banyak yang nanya, "bagaimana caranya bisa menghafal Al-Qur'an cepat dan lancar us?". Lagi-lagi, jawabannya itu sama. Banyak-banyaklah berdzikir dengan Al-Qur'an di siang dan malammu. Kalau nggak percaya, coba aja cari di beberapa buku ihwal tips cepat menghafal Al-Qur'an. Pasti pada dasarnya juga sama. Memang terkadang insan itu pengennya yang serba instan dan cepat tanpa memikirkan proses. Padahal nikmatnya proses itu sungguh luar biasa. Dari proses itulah, insan berguru apa arti kesabaran, apa arti pentingnya bersyukur dan bagaimana ujian tersulit yaitu istiqomah. Ketika insan bisa menerapkan ketiganya itu, InsyaAllah hasil segala maksud dan tujuan yang ingin dicapai. Tinggal mau atau tidak?

moment paling menegangkan di antara ujian hidup yang lain Detik-Detik Ujian Hafalan - Bukan.info
sumber: solihudin.com

Pilihan ada di dalam diri masing-masing individu. Selamat ujian kakak!!

0 Response to "Detik-Detik Ujian Hafalan - Bukan.Info"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel